Sukses

Parenting

5 Tips Menambah Nafsu Makan Anak Usia 2 Tahun Tanpa Suplemen

Fimela.com, Jakarta Anak yang sulit makan bikin orangtua frustasi dan khawatir ya, Sahabat Fimela. Sebab tanpa ada asupan makanan yang memadai hanya akan membuat anak rentan terkena berbagai macam jenis penyakit.

Ahli gizi holistik Lilian Presti mengatakan ada banyak penyebab anak usia 2 tahun tidak nafsu makan. Salah satu yang paling umum adalah kekurangan vitamin atau mineral.

“Kekurangan nutrisi ini dapat dikaitkan dengan hilangnya nafsu makan seperti zat Besi, vitamin B, Seng, dan Magnesium,” ujar Lilian Presti, dikutip dari Naturally Savvy.

Oleh sebab itu, Lilian menyarankan untuk memenuhi asupan vitamin atau mineral anak. Lalu, bagaimana caranya agar anak makan bergizi terutama jika nafsu makan anak sangat kecil? Simak berikut ini selengkapnya ya, Sahabat Fimela.

 

1. Jangan Pernah Melewatkan Sarapan

Tidak hanya untuk orang dewasa atau mereka, anak-anak juga tidak boleh melewatkan sarapan. Sebab, makan sarapan yang sehat setelah tidur malam yang nyenyak, dapat meremajakan metabolisme dan pasti akan meningkatkan nafsu makan.

Namun, pastikan menu sarapan sehat dan tidak penuh dengan makanan berminyak dan berlemak ya, Sahabat Fimela.

2. Minum Air 30 Menit Sebelum Makan

Air dapat mengaktifkan cairan pencernaan dan enzim yang meningkatkan nafsu makan. Untuk itu, 30 menit sebelum sarapan pastikan anak minum segelas air.

3. Beri Makanan yang Kaya Zat Besi

Seperti yang disampaikan ahli gizi Lilian, salah satu penyebab anak tidak nafsu makan adalah kekurangan zat besi. Sebagaimana yang diketahui, zat besi merupakan mineral penting untuk pertumbuhan secara keseluruhan pada anak-anak.

Oleh karena itu, perkenalkan lebih banyak makanan kaya zat besi dalam diet anak-anak kamu. Berikan Oatmeal yang diperkaya, bayam, sayuran hijau, tahu, telur dan lentil dalam makanan mereka untuk asupan zat besi. Pasangkan makanan kaya zat besi dengan Vitamin C untuk meningkatkan penyerapan dan penggunaannya oleh tubuh.

4. Beri Makanan yang Kaya Seng

Seng tidak hanya diperlukan untuk nafsu makan, tetapi merupakan mineral penting yang memiliki peran dalam kekebalan, pertumbuhan, dan banyak fungsi fisiologis. Bahkan kekurangan seng ringan dapat menyebabkan penurunan berat badan, nafsu makan, dan kehilangan ini meningkatkan kerentanan terhadap infeksi.

Tambahkan sumber Seng sebagai kacang-kacangan, kacang-kacangan, gandum, Tahu, sereal yang diperkaya ke dalam makanan anak kamu ya, Sahabat Fimela.

5. Tawarkan Makanan Setiap 2-3 jam

Anak-anak usia 2 tahun cukup aktif sehingga mereka membutuhkan energi instan. Untuk itu, Sahabat Fimela bisa memberi mereka camilan setiap 2-3 jam sekali.

Berikan camilan sehat seperti buah-buahan, jus buah, atau kacang tanah yang membantu meningkatkan nafsu makan karena mengandung zinc dan tinggi protein.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading