Sukses

Parenting

Kenali Penyebab Anak Tidak Mau Makan Sama Sekali

Fimela.com, Jakarta Sebagai orangtua tentunya kita ingin yang terbaik untuk anak. Terkadang kita juga tidak menyadari perubahan yang dilakukan anak karena terlalu sering bersamanya.

Padahal, perubahan yang dilakukan anak bisa menjadi tanda bahwa anak merasa bosan. Sebagai orangtua penting untuk kita mengenali beberapa penyebab perubahan pada anak.

Perubahan ini bisa memengaruhi asupan yang sudah kita sediakan. Kadang, anak jadi susah makan atau bahkan tidak mau makan sama sekali karena bosan atau hal lainnya. Kenali perubahan pada anak yang tidak mau makan sama sekali agar kamu para orangtua dapat cepat mencari solusinya. Berikut ada beberapa penyebab anak tidak mau makan sama sekali;

Bosan

Bosan merupakan hal yang wajar, apalagi kadang kita sebagai orangtua hanya menyediakan makanan yang itu-itu saja menyebabkan anak menjadi bosan. Oleh karena itu, pentingnya kamu sebagai orangtua untuk pintar-pintar membuat jadwal menu makanan untuk anak.

Berikan anak makanan yang variatif agar anak tidak bosan dan tetap lahap memakan makanan buatan orangtua. Para orangtua juga bisa memberikan variasi kepada makanan favorit anak agar anak menjadi lahap.

Merasa Tertekan

Penyebab anak tidak mau makan terkadang adalah perasaan sang anak sedang tertekan. Karena, lika seorang anak sedang tertekan, anak akan menolak untuk makan.

Ada beberapa hal yang membuat anak merasa tertekan. Salah satunya, para orangtua hanya fokus pada makanan apa yang orangtua pilih dan berapa banyak makanan yang dimakannya. Padahal bertanya kepada anak tentang makanan apa yang sedang ingin anak kita makan, dapat menjadi solusi agar mereka lahap.

Memilih-milih Makanan

Pasti setiap anak memiliki fase dimana mereka hanya mau memakan makanan yang mereka pilih saja. Hal ini bisa menjadi penyebab bahwa sang anak tidak mau makan karena menunggu makanan yang mereka harapkan.

Sebagai orangtua kita tidak perlu kecewa karena ini merupakan hal yang sangat wajar. Solusinya bagi para orangtua untuk memperkenalkan berbagai jenis makanan secara perlarán kepada anak yang susah makan, berikan contoh kepada anak untuk memakan makanan yang sudah disediakan. Hal ini mungkin dapat membantu anak kita untuk mulat perlahan memakan makanan yang sudah disediakan. 

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading