Sukses

Parenting

Berbeda dengan Zaman Dulu, Ini Cara Orangtua Milenial dalam Mendidik Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua tentunya akan menerapkan cara didik yang beda-beda pada anak. Tentu hal ini didasari oleh berbagai faktor seperti cara mendidik orangtua mereka lakukan atau dari ilmu yang pernah didaptkan. Cara mendidik anak yang diterapkan oleh orangtua milenial pun juga memiliki perbedaan karena tidak jarang orangtua milenial seperti lebih melek akan informasi dan juga melek akan penggunaaan media informasi, platform online, dan sebagainya. Lantas, bagaimana ya cara orangtua milenial dalam mendidik anak? Yuk cek dibawah sini!

1. Tidak bersikap keras

Orangtua milenial memahami nilai mendidik anak dengan cara yang lebih positif. Alih-alih menjadi orangtua otoriter yang sering merusak hubungan orangtua dan anak, mereka percaya bahwa komunikasi dapat membuat hubungan antara anak dan orangtua menjadi lebih baik. Daripada memaksaka, orangtua milenial lebih memberi anak kesempatan untuk memiliki suara dalam membuat keputusan.

2. Memanfaatkan perkembangan teknologi

Selama bertahun-tahun pendekatan untuk mendidik anak atau mengasuh anak telah berkembang. Dengan kemajuan teknologi, orangtua milenial lebih terinformasi dan sadar proses dalam mendidik anak. Tidak seperti orangtua dahulu yang masih minim akan informasi. Kini orangtua milenial mempu mendapatkan informasi mengenai cara mendidik anak dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

3. Menghargai ruang anak

Orangtua milenial lebih banyak memberikan ruang pada anak-anak mereka. Dalam hal ini mereka lebih menghargai dan memberikan ruang individualitas anak. Daripada memberikan anak terlalu banyak larangan, orangtua milenial lebih memberikan kebebasan pada anak. Memberikan kebebasan bukan berarti sepenuhnya membebaskan. Tetapi, orangtua juga tetap memberikan pengawasan yang semestinya.

3. Lebih memahami parenting

Dengan media sosial sebagai media penuntun di zaman sekarang, orangtua melenial lebih banyak tahu dan terdidik tentang berbagai cara pendekatan untuk mendidik anak. Selain itu, orangtua juga dapat mendapatkan informasi mengenai parenting hanya dengan sekali klik. Dengan keberadaan internet, orangtua milenial dapat mematahkan mitos yang mungkin jadi kekhawatiran orangtua.

Itu dia beberapa cara orangtua milenial dalam mendidik anak. Sahabat fimela yang merasa menjadi orangtua melenial bisa menggunakan cara-cara di atas dalam mendidik anak ya!

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading