Sukses

Parenting

4 Tips Mencegah Anak Kecanduan Gadget di Rumah

Fimela.com, Jakarta Perkembangan tekhnologi yang ada membuat hampir semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa tidak lepas dari tekhnologi yang ada. Terlebih lagi untuk tekhnologi gadget. Gadget menjadi alat komunikasi yang sangat penting apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Berbagai aktivitas baik itu pekerjaan hingga sekolah yang dilakukan secara daring membuat anak-anak lebih sering memegang gadget dalam kesehariannya.  

Karena saking seringnya memegang gadget, tidak sedikit anak yang akhirnya kecanduan gadget. Beberapa bahkan sampai mengalami sindrom nomophobia atau sindrom tak bisa lepas dari ponsel atau gadget. Ketika anak sudah kecanduan gadget, akan cukup sulit mengatasi masalah kecanduan ini. Untuk itu penting mencegah anak kecanduan gadget dengan berbagai langkah. Melansir dari laman parents.com, ini beberapa tips untuk mencegah anak kecanduan gadget.

Tips Mencegah Anak Kecanduan Gadget

1. Jadwalkan Waktu Belajar

Tips pertama adalah jadwalkan waktu belajar. Minta anak belajar di waktu yang seharusnya. Tunggui anak agar ia benar–benar belajar. Diskusikan dengan anak dan buatlah perjanjian kapan anak harus belajar dan kapan anak boleh memegang gadget. Membiarkan anak memegang gadget di semua waktu akan sangat mungkin membuatnya kecanduan gadget.

2. Ajak Anak Jalan-Jalan kke Luar Rumah

Agar anak tak bosan jika harus di dalam rumah dan mengatasi rasa bosannya dengan bermain gadget, ajaklah anak jalan-jalan ke luar rumah. Pergi ke luar rumah akan membuat pikiran anak lebih fresh. Ini juga akan membuat anak melupakan gadgetnya. Tak harus jalan-jalan dan liburan, pergi ke luar untuk untuk membeli camilan kesukaan anak atau membeli buku kesukaan anak sudah cukup. 

 

3. Buat Aktivitas yang Asik Sekaligus Mengasah Kreativitas Anak

Dalam aktivitas sehari-hari, usahakan untuk membuat aktivitas yang menyenangkan. Buatlah aktivitas bersama anak yang bisa mengasah kreativitasnya. Ajak anak bercocok tanam di rumah, mencuci motor atau mobil, membuat camilan kesukaan anak, merakit mainan dari botol bekas atau barang bekas lainnya serta membersihkan kolam ikan di teras rumah atau merawat sepeda anak. 

4. Berikan Contoh yang Baik

Agar anak tidak selalu berpaku pada gadget, beri contoh bahwa Mom dan ayah juga tidak berpaku pada gadget. Ketika orangtua ingin anak tidak bermain gadget padahal ia sendiri tak bisa lepas dari gadget, ini akan sangat sulit. Jika ingin anak tak bermain gadget, orangtua juga harus menunjukkan bahwa ia juga tak bermain gadget bila tak penting.  

Itulah beberapa tips agar anak tidak kecanduan gadget. Penting untuk melatih anak menggunakan gadget seperlunya saja sejak usianya sedini mungkin. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading