Sukses

Parenting

5 Cara Alami Mengetahui Kehamilan Tanpa Test Pack

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi pasangan suami istri. Apalagi jika usia pernikahan keduanya sudah cukup lama dan keduanya telah menanti-nantikan buah hati di tengah keluarga kecil mereka. 

Untuk mengetahui hamil tidaknya seseorang, umumnya akan menggunakan test pack sebagai alat tes kehamilan. Namun Sahabat Fimela, melansir dari laman American Pregnancy Association tes kehamilan bisa dilakukan di rumah tanpa menggunakan test pack. 

Biasanya untuk mengetahui kehamilan akan diperlukan tes hCG (Human Choriconic GOnadotropin) yakni hormon kehamilan yang dibuat oleh sel-sel tertentu di dalam plasenta. Alat tes untuk mengetahui kadar hCG yang paling akurat adalah test pack. Namun selain test pack ada bahan-bahan alami di rumah yang juga bisa mencegek kadar hCG seseorang dan mengetahui dia positif hamil atau tidak. Apa saja bahan alami tersebut? 

Garam

Bahan alami yang pertama adalah garam dapur. Ambil satu sendok garam kemudian masukkan ke dalam urine yang telah ditempatkan di wadah. Tunggu beberapa saat. Jika terdapat gumpalan putih cokelat dalam urin, besar kemungkinan besar hasilnya positif. Jika tidak ada reaksi pada urin dan garam makan hasilnya negatif. 

Gula

Selain garam, gula juga bisa menjadi alat tes kehamilan alami di rumah. Ambil satu sendok gula dan satu sendok urin, campur keduanya di dalam satu wadah. Jika gula menggumpal hasilnya positif, namun jika gula larut dengan cepat hasilnya negatif. Hormon hCG yang dilepaskan urin saat hamil tidak akan memudahkan gula larut sehingga besar kemungkinan gula menggumpal ada potensi kehamilan.

Baking Soda

Baking soda bisa menjadi alat tes kehamilan selanjutnya. Urin yang dicampur dengan baking soda akan mengeluarkan reaksi seperti kita melarutkan redoxon jika hasilnya positif. Namun jika tidak ada reaksi, berarti hasilnya negatif. 

Air Cuka

Cuka juga bisa menunjukkan kamu hamil atau tidak. Campur dua sendok cuka putih dengan dua sendok urin. Jika terjadi reaksi cuka berubah warna dan menggelembung, besar kemungkinan hasil tes menunjukkan positif. Jika tidak ada reaksi apapun, berarti negatif atau tidak hamil.

Pasta Gigi

Alat tes alami selanjutnya ada pasta gigi. Kandungan pada pasta gigi bisa mendeteksi kadar hCG dalam urin. Campur dua sendok makan pasta gigi putih dengan dua sendok urin. Jika pasta gigi berubah warna menjadi biru dan berbuah, besar kemungkinan kamu positif hamil. 

Itulah beberapa cara alami mengetahui kehamilan di rumah. Untuk memastikan hamil tidaknya, pastikan kamu juga mengetahui gejala kehamilan seperti telat menstruasi, mual, muntah, suasana hati yang sering berubah hingga nafsu makan menjadi berkurang atau sebaliknya. Gejala kehamilan yang umum terjadi selanjutnya juga berupa frekuensi kencing yang semakin tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat. 

##WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading