Sukses

Parenting

8 Tanda Bayi Memiliki Kecerdasan di Atas Rata-Rata Sejak Usia 9 Bulan

Fimela.com, Jakarta Memiliki buah hati yang sehat, lucu dan menggemaskan tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi setiap orangtua. Kebahagiaan itu sendiri akan bertambah berkali-kali lipat ketika buah hati tak hanya sehat dan lucu tetapi juga cerdas. 

Melansir dari laman parenting.firstcry.com, cerdas tidaknya buah hati bisa dilihat sejak buah hati bayi atau berusia sekitar 9 bulan. Ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa buah hati terlahir dengan kecerdasan di atas rata-rata dan berpotensi menjadi pribadi mengesankan di masa depan. Apa saja tanda-tanda bayi yang cerdas pada usia 9 bulan? Berikut penjelasannya.

1. Tumbuh Kembang Bayi Baik

Bayi yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata umumnya memiliki tumbuh kembang yang baik. Bayi ini akan memiliki pertumbuhan tubuh yang sesuai dengan usianya bahkan lebih cepat. Tak hanya pertumbuhan fisiknya, perkembangannya pun juga sangat baik. Bayi yang cerdas akan menunjukkan perkembangan yang mengesankan dari hari ke hari. 

2. Terlihat Waspada

Bayi yang cerdas terlihat waspada sejak usianya masih sedini mungkin. Bayi yang waspada dengan sekitar memungkinkan ia cerdas saat dewasa. Bayi yang waspada seolah mengerti dengan keadaan di sekitarnya. 

3. Melakukan Kontak Mata Sejak Dini

Bayi yang sudah melakukan kontak mata sejak dini sata diajak bicara kemungkinan besar juga memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Bayi yang mau melihat mata orang yang mengajaknya bicara berpotensi memiliki kecerdasan atau IQ yang tinggi. 

4. Menggeliat dan Aktif Bergerak

Anak yang cerdas sejak usia dini atau usia 9 bulan akan lebih menggeliat dan aktif bergerak. Ia menggeliat saat hendak mengajak orangtua bermain atau meminta menggendongnya. Gerak aktif anak menunjukkan anak adalah pribadi yang aktif dan memiliki IQ tinggi. 

5. Kemampuan Motorik dan Kognitif Bayi Baik

Bayi 9 bulan yang cerdas terlihat dari kemampuan motoriknya dan kognitifnya yang baik. Ia sudah mampu menggemgam mainan dengan baik, ia sudah mampu memindahkan mainan dari tangan kanan ke tangan kiri. Ia juga sudah bisa duduk dengan baik bahkan belajar berdiri sendiri dengan pegangan ke benda di sekitarnya. 

6. Bayi Memiliki Kemampuan Sosial yang Baik

Bayi 9 bulan yang cerdas juga ditandai dengan kemampuan sosialnya yang baik. Bayi ini sudah bisa mengenali ayah, ibu, kakek, nenek dan suadara-saudaranya dengan baik. Ia juga akan lebih teliti ketika hendak diajak orang lain. Bayi yang cerdas di usia ini biasanya akan sangat akrab dengan keluarga inti tapi mencoba menjaga jarak dengan orang yang baru dikenal. 

7. Rasa Penasaran Bayi Tinggi

Bayi yang memiliki rasa penasaran tinggi juga berpotensi memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Bayi yang mudah tertarik dengan hal baru di sekitarnya menunjukkan ia memiliki kecerdasan yang baik. Bayi yang cerdas terkadang juga mudah bosan dengan mainan yang sama setiap harinya. 

8. Bayi Banyak Tertawa dan Bermain

Bayi yang bahagia serta cerdas akan banyak tertawa dan bermain. Bayi yang bahagia akan merangsang kecerdasan otaknya. Penting bagi orangtua untuk menjaga kebahagiaan anak sejak usianya sedini mungkin. Para ahli mengungkapkan jika bayi yang bahagia dan merasa nyaman dengan keadaan sekitar, akan lebih mengalami tumbuh kembang lebih baik dibandingkan anak yang stres dan kurang nyaman serta aman dengan kondisi sekitar. 

Itulah beberapa tanda yang menunjukkan bayi 9 bulan sudah terlihat cerdas. Untuk merangsang kecerdasan bayi agar lebih baik, orangtua penting melakukan stimulus terhadap kecerdasan anak. Jaga juga pola makan anak dan berikan nutrisi yang seimbang. Kecerdasan anak terkadang juga menurun dari orangtua, ketika orangtua memiliki kecerdasan yang baik atau di atas rata-rata, kemungkinan besar hal ini akan menurun ke anak. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading