Sukses

Parenting

4 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Anak agar Terhindar dari Stunting

Fimela.com, Jakarta Stunting merupakan kondisi di mana anak memiliki tubuh yang lebih pendek dari usianya karena kurang gizi. Meski anak stunting ciri khasnya adalah memiliki tubuh pendek, tidak semua anak dengan tubuh pendek bisa dikatakan stunting. Beberapa anak yang tumbuh pendek juga disebabkan oleh gen atau masalah kesehatan lainnya. 

Bicara mengenai anak stunting, melansir dari laman parents.com anak yang mengalami stunting tumbuh kembangnya juga kurang maksimal. Lantas bagaimana untuk mencegah anak dari risiko stunting? 

Cara paling utama untuk mencegah stunting adalah berikan nutrisi penting yang dibutuhkan anak secara cukup setiap harinya. Berikut beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan anak agar terhindar dari stunting.

Protein

Sumber protein baik untuk tumbuh kembang anak. Protein berfungsi membangun otot dan tulang juga beberapa fungsi tubuh lain agar bekerja dengan baik. Adapun sumber protein bisa dari hewan maupun tumbuhan. Sumber protein antara lain telur, ikan, daging, unggas, susu dan olahannya serta kacang-kacangan. 

Karbohidrat

Karbohidrat juga sumber nutrisi yang penting bagi tubuh. Karbohidrat adalah sumber energi yang diperlukan anak untuk menunjang tumbuh kembangnya. Sumber karbohidrat antara lain gandum, nasi, ketela, ubi dan kentang.

Lemak

Sumber nutrisi selanjutnya yang dibutuhkan anak adalah lemak. Lemak adalah sumber energi, baik untuk kulit, rambut, menyerap vitamin A, D dan E serta membuat tubuh tetap hangat. Untuk anak, berikan lemak tak jenuh yang ada pada kacang-kacangan, ikan salmon, ikan tuna dan minyak zaitun. 

Vitamin dan Mineral

Ini juga merupakan sumber nutrisi penting bagi anak agar terhindar dari risiko stunting. Pastikan untuk memberikan makanan dan minuman yang kaya vitamin, mineral juga zat besi serta kalsium ke buah hati. 

Itulah beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan anak agar terhindar dari risiko stunting. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading