Sukses

Parenting

Tentang Anak Suguhkan Beragam Tips Menarik Terkait Nutrisi, Pengasuhan dan Stimulasi Optimal Selama Ramadan

Fimela.com, Jakarta Tentang Anak, one stop solution parenting platform kembali mempersembahkan sederet rangkaian webinar dan aktivitas edukatif bagi keluarga Indonesia, bersamaan dengan bulan Ramadan melalui kampanye Bermakna (Berkah Bersama Keluarga Tentang Anak). Selama kampanye ini berlangsung pada bulan Ramadan, Tentang Anak akan membahas berbagai isu parenting seperti nutrisi, pola asuh dan stimulasi yang optimal untuk anak Indonesia

“Bulan Ramadan merupakan momen yang tepat bagi orang tua untuk merefleksikan diri pada peran mereka terhadap tumbuh kembang si kecil. Tentang Anak berkomitmen untuk terus hadir mendampingi setiap perjalanan orang tua dalam membesarkan anak secara optimal, termasuk di momen spesial seperti bulan suci Ramadan. Oleh karenanya, melalui berbagai sesi edukatif selama kampanye Bermakna berlangsung, kami berharap dapat menghadirkan solusi terutama untuk pemenuhan gizi anak Indonesia yang kini masih menjadi fokus utama pihak pemerintah dan para ahli untuk menekan angka stunting serta obesitas yang tinggi pada anak Indonesia,” ungkap dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A., Founder dan CEO Tentang Anak, di acara peluncuran rangkaian webinar Tentang Anak pada Selasa (06/04/2022).

Rangkaian webinar ini diharapkan dapat memberikan kesadaran, serta tambahan ilmu bagi para orang tua di Indonesia akan pentingnya nutrisi, pengasuhan, dan stimulasi yang optimal untuk anak.

Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Republik Indonesia dalam pidatonya di media gathering Tentang Anak menyatakan, “Masa depan suatu bangsa tergantung pada keberhasilan anak dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.Seorang anak memerlukan asah, asih, dan asuh untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Momentum bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, dapat dijadikan sebagai penguatan peran orang tua baik dari aspek religius, maupun memahami kebutuhan anak dimulai dari kecukupan gizi, pola asuh hingga gaya hidup sehat untuk pencapaian tumbuh kembang anak yang optimal. Orang tua, keluarga dan masyarakat dapat menjadi role model dalam berperilaku dan bergaya hidup sehat.”

Gizi anak masih menjadi isu utama di Indonesia

Isu tersebut diangkat dikarenakan berbagai studi yang membuktikan bahwa gizi anak Indonesia masih menjadi isu utama yang dihadapi oleh sebagian orang tua dan anak saat ini. Berdasarkan survei Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021, menyebutkan prevalensi stunting sebesar 24,4%. Sementara itu, berdasarkan Riskesdas 2018 prevalensi obesitas pada Balita sebanyak 3,8% dan obesitas usia 18 tahun ke atas sebesar 21,8%.

Tren ini diperparah oleh pandemi COVID-19. Survei tahun 2020 yang dilaksanakan terhadap rumah tangga berpendapatan rendah di Jakarta menemukan bahwa makanan bergizi—seperti buah dan sayur, daging sapi dan ikan, dan kacang-kacangan—yang dikonsumsi anak-anak selama pandemi lebih sedikit dibandingkan tahun 2018.

Permasalahan Stunting di Indonesia juga masih menjadi permasalahan. Masih banyak anak-anak di Indonesia yang mengalami Stunting akibat kurang gizi. Stunting juga akan berpengaruh pada anak ketika mereka dewasa nanti

“Balita stunting akan berdampak menurunkan kualitasnya sebagai sumberdaya manusia di masa dewasa. Oleh sebab itu stunting harus dicegah terutama di 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Berbagai cara dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan, diantaranya seperti pemberian ASI dan MPASI yang benar berbasis protein hewani serta pemantauan pertumbuhan yang teratur di fasilitas kesehatan seperti posyandu setiap bulannya untuk deteksi dini dan tatalaksana segera weight faltering terbukti dapat mencegah stunting,” ungkap Prof. Dr. dr. Damayanti R. Sjarif, Sp.A(K); Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik & Ketua Satgas Stunting IDAI yang juga hadir pada acara tersebut.

Pemenuhan nutrisi juga diperlukan ketika ibu sedang mengandung, atau saat anak masih dalam janin. Hal tersebut disampaikan oleh Prof. DR. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH; Dokter Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan Konsultan Obstertik Ginekologi Sosial & Ketua Pokja Angka Kematian Ibu (AKI) POGI.

“Sejak dalam kandungan, janin dapat mengalami gangguan pertumbuhan yang berpotensi menyebabkan stunting. Persalinan prematur juga berpotensi menyebabkan stunting. Kehamilan di usia remaja, malnutrisi (KEK/kurang energi kronik dan obesitas), anemia serta gangguan kesehatan ibu memiliki andil besar terjadinya gangguan pertumbuhan janin dalam kandungan serta persalinan prematur. Oleh karena itu, upaya pencegahan stunting perlu dilakukan sejak dini, bahkan sebelum ibu hamil. Kehamilan perlu direncanakan dan dipersiapkan dengan baik. Upaya mencegah stunting yang perlu dilakukan adalah menghindarkan kehamilan remaja, rutin memeriksakan kehamilan (ANC), menjaga asupan makanan agar memenuhi kebutuhan gizi selama masa kehamilan dan yang terpenting ibu memahami pentingnya perencanaan kehamilan agar ibu dapat tetap sehat dan bahagia saat hamil dan menyusui bayinya."

Rangkaian Edukatif Tentang Anak Selama Bulan Ramadan

Melalui kampanye Bermakna, Tentang Anak menghadirkan berbagai rangkaian webinar danaktivitas edukatif dari 5 - 26 April 2022 untuk mendampingi orang tua di rumah sembari menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Orang tua dapat bergabung di berbagai acara tersebut secara gratis melalui aplikasi Tentang Anak dan bagi orang tua yang sudah mendaftar dapat menonton tayangan ulangnya kembali jika terlewat. Berbagai topik dan pengisi acara yang akan meramaikan kampanye Bermakna dari Tentang Anak dapat ditemukan pada tabel di gambar.

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading