Sukses

Parenting

Orangtua Harus Tau Dampak Positif dari Penggunaan Gadget pada Anak

Fimela.com, Jakarta Sebagai orangtua mungkin kita hanya mengetahui bahwa dampak dari penggunaan gadget pada anak memberikan efek yang buruk bagi perkembangannya. Padahal, penggunaan gadget pada anak tidak selalu memberikan pengaruh yang buruk bagi mereka. Banyak dampak dari gadget dan kemajuan teknologi yang justru menjadi dampak baik bagi anak.

 

Dikutip dari mentalup.co, Teknologi adalah pengetahuan, keterampilan, metode, dan teknik yang diperlukan untuk menghasilkan alat dan perlengkapan untuk kebutuhan masyarakat. Kehadiran teknologi yang berkembang dalam kehidupan anak-anak, dari tahun pertama hingga remaja, adalah pedang bermata dua. Meskipun teknologi bersifat netral, bagaimana penerapannya dan bagaimana anak-anak terpapar padanya dapat bersifat positif atau negatif. Sebagai orangtua penting untuk kita membantu anak mengarahkan penggunaan teknologi agar anak tidak menggunakan teknologi untuk hal yang negatif. Berikut dampak positif dari penggunaan gadget pada anak. 

1. Peningkatan IQ

American Cornell University Tomoe Kanaya melakukan penelitian ilmiah di sembilan sekolah di antara anggota berbagai ras dan kelompok sosial. Menurut penelitian yang dilakukan terhadap sekitar 9.000 siswa ini, nilai IQ generasi sekarang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Para ahli menghubungkan efek ini secara langsung dengan teknologi. Peningkatan jumlah produk teknologi dalam kehidupan anak-anak dan akibatnya peningkatan rangsangan berfungsi sebagai latihan untuk memungkinkan anak-anak memecahkan masalah yang lebih kompleks. Ini adalah efek positif dari internet pada anak-anak yang tidak bisa kita sesali. Efek positif teknologi terhadap perkembangan anak, seperti peningkatan skor IQ dan peningkatan keterampilan belajar.

2. Pengembangan Keterampilan Mental dengan Konten Edukasi

Efek positif internet pada pendidikan anak usia dini bisa sangat bermanfaat. Praktik pendidikan dan instruksional, seperti game dan aplikasi yang meningkatkan keterampilan kognitif, termasuk di antara manfaat ini. 

 

Permainan memori untuk anak-anak yang ingin meningkatkan daya ingat mereka, permainan perhatian untuk anak-anak yang ingin meningkatkan perhatian mereka, permainan matematika untuk anak-anak yang ingin meningkatkan kemampuan matematika mereka. Oleh karena itu, penggunaan internet yang aman untuk anak-anak dapat bermanfaat dengan aplikasi yang tepat, memungkinkan mereka untuk bermain permainan otak daripada permainan balap mobil. 

3. Keterampilan dalam Pemecahan Masalah

Anak-anak kreatif berhasil beradaptasi dengan dunia yang terus berubah. Demikian juga, mereka berhasil menciptakan solusi baru untuk masalah baru yang muncul. Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah di masa kanak-kanak akan memungkinkan mereka untuk mengatasi hambatan lebih mudah di masa depan.

4. Mudah Mengakses Informasi

Semua anak memiliki rasa ingin tahu sejak dini dan mereka selalu ingin berkenalan dengan dunia luar. Karena orangtua tidak dapat menjawab semua pertanyaan yang diajukan anak-anak mereka, anak-anak dapat mencari semua hal yang mereka ingin tahu dan memperluas perspektif mereka. Salah satu dampak positif terpenting dari internet pada anak adalah akses informasi dengan mudah. Kamu dapat membimbing anak-anak kamu untuk menemukan objek yang mereka minati dan memberi mereka lingkungan yang sehat untuk menghabiskan waktu secara efisien.

5. Mudah Mempelajari Bahasa Asing

Anak-anak dapat belajar bahasa asing dalam waktu singkat dengan menggunakan alat online, permainan menyenangkan, dan latihan tanpa bosan. kamu dapat memberi mereka sumber yang tepat dan mengembangkan keterampilan bahasa mereka. Keunggulan lainnya juga game online ini merupakan game yang mudah diakses serta gratis sehingga anak dapat dengan mudah mengakses game berbahasa asing tersebut kapanpun mereka mau. 

 

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading