Sukses

Parenting

Solusi Atasi Kecanduan Gadget pada Anak

Fimela.com, Jakarta Perkembangan teknologi memudahkan informasi saat ini. Tidak heran, hampir setiap hari kita dijejali dengan berbagai informasi lewat internet. Tanpa kita sajadi hidup seolah terperangkap dan berkutat dengan smartphone. Bahkan paparan gadget ini berdampak pada hubungan sosial yang semakin merenggang, termasuk dalam keluarga.

Dampak ini akan berakibat buruk pada perkembangan anak. Arus informasi, game, aplikasi kekinian, hingga media sosial tentunya sangat menyenangkan bagi anak-anak namun berakibat buruk dari kegilaan sampai kematian.

Dewasa ini, seiring perkembangan teknologi, semakin banyaknya anak yang kecanduan gadget dan akhirnya dirawat di beberapa Rumah Sakit jiwa. Banyak nyapasien anak anak yang kecanduan gadget tersebut akibat banyak faktor, salah satunya gaya hidup anak yang mudah mengakses hal negatif dari handphone secara berlebihan.

Hal ini membuat kekhawatiran pemerhati anak dan ketua Rumah Amalia, Muhammad Agus Syafii. Agus menyadari bahwa gaya hidup seorang anak yang tidak dapat lepas dari gadget dapat menimbulkan effek yang sangat buruk, terutama dalam tumbuh kembang mereka.

Orangtua mempunyai peranan penting dalam menjaga anak-anaknya agar tidak kecanduan pada gadget mulai sedini mungkin. Kebanyakan dari orangtua yang terlalu sibuk sehingga membiarkan anak bermain gadget untuk jangka waktu yang cukup lama.

Sedangkan yang dibutuhkan oleh anak adalah bermain. Mereka butuh kehadiran sosok orangtua yang menemani waktu bermainnya. Di saat anak anak ingin bermain namun tidak orangtua di sebelah mereka, maka gadget menjadi pilihan alat bermain.

 

Solusi kecanduan gadget pada anak

Melihat hal ini, Agus menambahkan bahwa banyak hal yang masih bisa di lakukan untuk meghindari anak dari kecanduan gadget, salah satunya adalah dengan detoksifikasi pada gadget. Dibutuhkan perhatian khusus dari orangtua untuk mengontrol penggunaan gadget pada anak.

Rumah Amalia juga menghadirkan program Detox Gadget untuk mengajak anak-anak melakukan aktifitas menghentikan pemakaian teknologi sejenak dan kembali ke kehidupan nyata, seolah teknologi belum diciptakan.

Setelah mengikuti program ini, anak-anak mengaku mengalami banyak perubahan dalam hidup mereka. Mereka lebih produktif untuk melakukan kegiatan dan permainan positif lainnya, tentunya berpengaruh pada tumbuh kembang mereka.

 

Manfaat Detox Gadget pada anak

Berikut beberapa manfaat yang dirasakan anak-anak setelah menjalani program Detox Gadget:

1. Detox Gadget membuat anak-anak lebih fokus belajar.

2. Detox Gadget menyebabkan hidup anak menjadi lebih bahagia dan mental lebih sehat.

3. Detox Gadget membuat daya ingat anak meningkat.

4. Detox Gadget membuat anak tidur lebih nyenyak.

5. Detox Gadget membuat anak lebih aktif berpikir dan berdiskusi.

6. Detox Gadget menjadikan anak lebih menemukan makna hidupnya.

 

#GrowFearless with Fimela

 

Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading