Sukses

Parenting

Buah Hingga Keju, Ini Camilan Sehat untuk Anak 1 Tahun yang Susah Makan

Fimela.com, Jakarta Memiliki buah hati yang masih balita terutama yang masih MPASI menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orangtua. Orangtua penting memiliki waktu ekstra untuk merawat, menjaga dan memastikan tumbuh kembang anak berjalan dengan lancar serta baik-baik saja. Penting juga bagi orangtua untuk memastikan bahwa anak makan dengan lahap setiap harinya. 

Ketika anak susah makan, ini tak hanya membuat orangtua gelisah dan susah. Ini bahkan membuat orangtua merasa sangat sedih bahkan stres sendiri. Ketika anak susah makan, tentu asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya tidak maksimal. Dan jika asupan nutrisinya tidak maksimal, hal ini akan mengganggu tumbuh kembang anak.

Memilih Makanan Sehat untuk Anak

Jika Mom mendapati anak susah makan apalagi usianya masih satu tahun, Mom harus pandai-pandai memilih makanan yang disukai anak. Selain memperhatikan rasa makanan, Mom pun harus memperhatikan kandungan nutrisi di dalam makanan mengingat usia ini anak masih rentan terhadap berbagai masalah termasuk masalah pencernaan ketika makan sembarang makanan. 

Mom harus lebih pandai dan bijak memilih makanan dan camilan sehat untuk anak. Pastikan agar makanan untuk anak yang susah makan di usia satu tahun tetap aman untuknya. Melansir dari laman parents.com, makanan atau camilan yang diberikan ke anak usia 1 tahun ke bawah baiknya adalah makanan yang rendah gula serta garam. Makanan juga tak boleh mengandung banyak minyak atau kandungan yang bisa berbahaya untuk tumbuh kembangnya. 

Aneka Makanan dan Camilan Sehat untuk Anak 1 Tahun

Para ahli mengatakan jika ada beberapa makanan sehat yang bisa dijadikan camilan untuk anak usia 1 tahun. Camilan tersebut antara lain adalah buah–buahan dengan tekstur lembut seperti halnya mangga, stroberi, pisang, semangka dan sejenisnya. 

Sayuran hijau seperti brokoli, sawi, bayam dan kacang panjang juga bisa dijadikan camilan sehat untuk anak. Jika ingin memberikan sayuran ke anak, pastikan untuk merebus atau mengukusnya hingga benar-benar matang dan teksturnya lunak. Camilan sehat lain untuk anak satu tahun adalah susu, yogurt, keju, oatmeal, tahu dan telur. Makanan yang kaya karbohidrat seperti kentang dan umbi-umbian juga cocok dijadikan camilan sehat.

Ketika anak susah makan terutama makan nasi, Mom tak perlu khawatir terlalu berlebihan. Tetap tenang dan berikan makanan lain yang mampu menutrisi tubuhnya dengan baik dari berbagai makanan lain sebagai camilannya. Biarkan anak makan sesering mungkin dengan porsi kecil agar nutrisinya tetap terjaga. SSemoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading