Sukses

Parenting

6 Tips Mudik Nyaman Bersama Balita dengan Transportasi Umum

Fimela.com, Jakarta Musim mudik sudah dimulai dan banyak orang mungkin sudah melakukan perjalanan ke kampung halaman atau bahkan baru mempersiapkannya. Untuk pemudik individual, atau bepergian sendirian mungkin cukup mudah melakukannya tanpa mengkhawatirkan banyak hal. Tapi bagaimana dengan orangtua dengan anak kecil atau balita?

Pasti dibutuhkan persiapan khusus agar mudik tetap aman dan nyaman hingga sampai tempat tujuan. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan orangtua agar bisa mudik aman dan nyaman bersama balita.

1. Amati kebiasaan si kecil

Moms perlu tahu bagaimana kebiasaan anak sehari-hari, misalnya apakah ia tipe yang cukup tenang atau sangat aktif. Apa yang ia butuhkan ketika diajak bepergian ke suatu tempat atau bagaimana jam tidurnya? Jika sudah mengetahui kebiasaan anak, orangtua bisa menyesuaikan jadwal keberangkatan mudik dengan kebiasaan tersebut.

2. Latihan bepergian

Sebelumnya, pastikan dulu Moms sudah pernah mengajaknya bepergian menggunakan kendaraan, entah kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Jika si kecil belum terbiasa naik kendaraan umum, ada kemungkinan ia akan merasa tidak nyaman. Tapi jika sudah terlatih, Mom akan tahu bagaimana cara mengatasi hal-hal tak menyenangkan yang kemungkinan terjadi.

3. Mudik saat si kecil tidur

Penting sekali memulai mudik saat anak sedang tertidur karena itu membantunya tetap tenang selama di perjalanan, terutama jika melakukan perjalanan jauh. Jika anak kurang tidur atau mengajaknya berangkat dalam keadaan terjaga, ada kemungkinan ia merasa tidak familiar dengan situasi saat itu sehingga menyebabkannya rewel.

4. Bawa keperluan si kecil

Catat dengan baik apa saja kebutuhan balita sesuai umurnya ya Moms. Misalnya menyiapkan popok, gendongan, susu, selimut, tisu basah, makanan favorit, air panas, air mineral yang cukup, mainan favoritnya dan lain sebagainya. Pastikan kamu menyiapkan apa pun yang mampu membuat anak nyaman selama melakukan perjalanan mudik.

5. Pilih sarana transportasi yang tepat

Usahakan memilih transportasi yang mampu memberikan kenyamanan bagi balita, misalnya tidak banyak guncangan, tempat duduk yang empuk, ruang yang luas atau waktu perjalanan yang relatif lebih singkat daripada menggunakan kendaraan lain. Buat anggaran yang cukup jauh hari agar bisa memberikan pengalaman mudik yang nyaman.

6. Fasilitas umum

Seringkali Moms juga perlu mempertimbangkan fasilitas umum apa yang disediakan transportasi yang kamu pilih. Misalnya bisa memesan tempat duduk di dekat jendela, kamar mandi yang bersih dan nyaman, memungkinkan untuk menyusui, memberi tempat duduk pribadi untuk anak, mengganti popok, membuat susu dan lain sebagainya.

Jangan abaikan mudik perjalanan yang aman dan nyaman untuk bayi agar nantinya juga tidak merepotkan diri sendiri ya Moms.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading