Sukses

Parenting

Mengenal Perkembangan Bicara Anak Sesuai dengan Usianya

Fimela.com, Jakarta Pada usia berapa anak sudah mulai bicara? Banyak dari kita yang mungkin bertanya-tanya mengenai hal ini. Melansir dari laman parents.com, setiap anak pada dasarnya memiliki tumbuh kembang yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Ada beberapa anak yang pertumbuhan dan perkembangannya sangat cepat, ada pula yang cukup lambat. 

Mengenai anak bicara, para ahli menyatakan jika usia 1 tahun umumnya anak sudah bisa mengucapkan satu kata bermakna entah itu maem, mama, papa atau nen (menyusu). Meski begitu, beberapa anak akan bisa bicara dan mengatakan kata pertamanya setelah ia berusia satu tahun lebih. Untuk mengetahui perkembangan bicara anak, simak tahapannya berikut ini.

Tahapan Perkembangan Bicara Anak

Penelitian menemukan jika perkembangan bicara anak yang normal dimulai sejak usianya sedini mungkin. Di usia ini akan sudah mulai mengerti kata yang diucapkan orangtua dan sudah memahami perintah juga himbauan dari orangtua. Berikut adalah perkembangan bicara anak dari usia 0 sampai 4 tahun. 

0 - 3 bulan

Di usia ini anak sudah bisa merespon sumber suara. Anak sudah bisa mendengar dan melihat ke sumber suara. 

4 - 7 bulan

Pada usia 4 - 7 bulan, anak sudah bisa mengatakan kata papa, baba, tata, mama atau kata-kata lain yang tidak memiliki arti. Di usia ini akan sudah mulai berbicara meski ia mengatakan kata yang tidak jelas sama sekali. 

8 - 12 bulan

Di usia ini anak sudah mulai merespon suara dari sekitar dengan sangat baik. Ia juga mulai bisa mengucapkan satu kata berarti misalnya mama dan maem. Di usia ini bicara anak sudah mulai banyak meski tidak semua kata bisa dimengerti dengan baik. Anak sudah mulai aktif mengeluarkan banyak suara dan kata. 

2 tahun

Penelitian menemukan jika umumnya, anak berusia 2 tahun sudah bisa menggabungkan dua kata bermakna. Anak ini juga akan berbicara lebih banyak, mulai bisa merespon perintah orangtua. Anak-anak sudah sudah paham untuk meminta sesuatu dari orangtuanya. 

3 tahun

Anak di usia ini sudah bisa memahami 2 - 3 intsruksi bersamaan dari orangtua atau orang di sekitarnya. Di usia ini akan sudah memperlihatkan perkembangan yang maksimal. Ia juga sudah bisa berjalan, mencoba makan sendiri dan antusias bermain dengan teman-teman sebayanya.

4 tahun

Pada usia ini anak sudah bisa memahami sekitar dengan baik. Ia juga sudah bisa menyebutkan usia, nama, nama orangtua, nama kakek dan nenek, mengelompokkan kata, mengetahui konsep warna, bentuk bahkan mengenal hewan, kendaraan dan sejenisnya. Di usia ini akan sudah bisa diajarkan banyak hal sehingga ia sudah bisa masuk ke sekolah PAUD (pendidikan anak usia dini). 

Itulah tahapan perkembangan bicara anak sesuai dengan usianya. Jika anak sudah berusia 18 bukan bahkan lebih dan belum menunjukkan tanda ia bisa bicara atau melakukan interaksi dengan sekitar, jangan ragu untuk memeriksakan kondisinya ke dokter atau ahlinya. Beberapa anak mungkin mengalami keterlambatan bicara. Tapi jika keterlambatannya ini sudah terlalu lambat, penting bagi orangtua untuk segera mengatasi keterlambatan ini. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading