Sukses

Parenting

Tips Sederhana Memiliki Waktu Berkualitas Bersama Buah Hati

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti ingin memiliki waktu berkualitas bersama anak meskipun ia sangat sibuk dan lelah. Sayangnya, pekerjaan yang padat dan tubuh serta pikiran yang lelah membuat orangtua kurang bisa mendapatkan waktu lebih untuk bersama anak apalagi dengan kualitas yang baik. 

Melansir dari laman VeryWell, untuk memiliki waktu berkualitas bersama anak sebenarnya bukan perkara yang sulit. Orangtua tak perlu meluangkan banyak waktunya untuk menemani sang anak. Penelitian menemukan jika waktu yang berkulitas bersama anak bukan ditentukan oleh seberapa panjang durasi orangtua membersamai anak. Dengan waktu yang sangat singkat sekalipun, orangtua tetap bisa memberikan waktu berkualitasnya untuk anak. Bagaimana caranya?

Cara Membuat Waktu Lebih Berkualitas Bersama Anak

Mengutip dari laman liputan6.com, seorang psikolog yang berkecimpung dalam perilaku anak, Amy Morin mengatakan jika memiliki waktu yang berkualitas dengan anak minimal 10-15 menit per hari  ternyata sudah cukup. Ini bahkan lebih baik daripada menghabiskan waktu bersama anak dengan main gadget atau menonton tv selama lima jam. 

Amy mengatakan, “Kurangi khawatir tentang kehadiran fisik selama berjam-jam. Pastikan Mom atau ayah hadir dengan mentalitas yang baik ketika sedang bersama anak. Pastikan pikiran Mom dan ayah sedang bahagia. Pikiran yang bahagia dan positif akan menciptakan suasana yang lebih positif dan menyenangkan bagi anak.”

Jauhkan Ponsel atau Gawai Saat Bersama Anak

Tidak bisa dipungkiri bahwa ponsel atau gawai menjadi bagian penting dalam hidup seseorang termasuk Mom dan ayah. Namun, meski gawai sangat penting, saat bersama anak usahakan untuk meluangkan waktu sepenuhnya bersama anak. Jauhkan ponsel atau gawai sejenak dan lupakan segala yang ada di dalamnya. Curahkan sepenuhnya waktu Mom dan ayah untuk anak demi dapatkan waktu yang berkualitas. 

“Berfokuslah untuk mendengarkan buah hati, lakukan kontak mata yang baik, dan usahakan untuk terlibat dalam interaksi yang sehat selama bersamanya. Apapun yang kamu lakukan, usahakan agar membuat buah hati merasa senang, tenang dan nyaman." kata Amy.

Itulah sekilas mengenai cara memiliki waktu berkualitas bersama buah hati. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading