Sukses

Parenting

Tips Mencegah dan Mengatasi Kecanduan Gawai pada Anak

Fimela.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri bahwa gawai memiliki peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Meski gawai sangat penting, pastikan untuk lebih bijak dalam menggunakan gawai di kehidupan sehari-hari. Pastikan untuk lebih bijak dalam mengenalkan gawai ke anak. Ketika kita salah mengenalkan gawai ke anak, ini bisa meningkatkan risiko anak kecanduan gawai. 

Anak yang terlalu nyaman dan asik bermain gawai bisa lupa akan segala hal termasuk lupa belajar, lupa bermain dengan teman-teman sekitar dan lupa bahwa ada orang-orang di sekitarnya. Anak yang telah kecanduan gawai juga berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan mulai dari masalah penglihatan, masalah postus tubuh, kenaikan berat badan atau masalah gangguan tidur hingga masalah mental. 

Lalu, bagaimana caranya agar anak tidak kecanduan gawai? Melansir dari laman todayparents.com, berikut beberapa tips mencegah dan mengatasi kecanduan gawai pada anak.

Jadi Contoh yang Baik

Pastikan untuk menjadi contoh yang baik buat anak. Jika Mom ingin anak tidak terlalu asik bermain gawai, pastikan bahwa Mom juga ayah tidak pernah asik bermain gawai di hadapan anak. Jika orangtua memiliki kebiasaan buruk terlalu asik dengan gawai, ini akan membuat anak mencontoh apa yang dilakukan orangtua.

Batasi Penggunaan Gawai

Usahakan untuk membatasi penggunaan gawai pada anak. Jangan biarkan anak bermain gawai hingga lupa waktu dengan alasan anak lebih tenang dan nyaman. Membiarkan anak bermain gawai dalam waktu lama hanya akan membuatnya terbiasa akan hal ini dan lebih rentan kecanduan gawai. Izinkan anak bermian gawai selama 1 atau 2 jam sehari. Jika anak bermain gawai lebih dari waktu itu, beri tahu anak bahwa ia harus menerima konsekuensinya atau hukumannya. 

Hindari Memberi Gawai Jika Tidak Perlu

Hindari memberikan gawai ke anak jika memang hal itu tidak diperlukan. Semakin sering orangtua mengizinkan atau memberikan gawai ke anak, ini akan membuatnya semakin asik dengan gawai dan kecanduan. 

Perbanyak Aktivitas di Luar Rumah

Ajak anak beraktivitas di luar rumah lebih sering. Ajak anak-anak bermain permainan yang menyenangkan meski tanpa gawai di sisinya. Minta anak untuk bermain dengan anak-anak seusianya. Ini akan mengalihkan perhatian anak ke gawai. 

Bersikap Tegas

Pastikan untuk bersikap tegas ke anak. Walau anak ngambek, marah dan tantrum saat tak diberi gawai, Mom harus tegas pada anak. Saat orangtua tidka tegas, ini akan menjadi alasan anak untuk lebih sering ngambek dan tantrum demi dapatkan gawai yang ia inginkan. 

Itulah beberapa tips mencegah dan mengatasi kecanduan gawai pada anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading