Sukses

Parenting

Ajarkan Anak Untuk Mengenali Berbagai Emosi Melalui Seri Buku ‘Kenali Emosi’ dari Tentang Anak

Fimela.com, Jakarta Pengetahuan emosi pada anak sering kali dianggap taken for granted. Bahwa anak bisa mempelajari dan mengenali emosi-emosi yang dirasakannya lewat pengalamannya seiring pertumbuhan dan pertambahan umurnya.  Namun, tidak jarang terjadi anak yang tidak memahami emosi yang dirasakannya sehingga jadi kebingungan dan berperilaku tidak nyaman.

“Kita semua termasuk anak-anak kita itu lahir dengan kemampuan untuk mengalami beberapa jenis emosi, seperti suka atau tidak, mau atau tidak, itu akan dialami dan akan sangat penting mengenalkan anak nama dan jenis emosi sehingga sang anak juga tahu apa yang dialaminya, apa yang dirasakan dan bagaimana menghadapi emosi tersebut,” jelas Grace E. Sameve, seorang psikolog anak (Principal Child Psychologist Tentang Anak)

Dalam menyambut Hari Anak Nasional 2022, Ekosistem parenting digital, Tentang Anak menghadirkan inovasi yang memberikan solusi atas masalah edukasi emosi anak dan memudahkan orang tua dalam membantu tumbuh kembang anaknya. Garri Juanda, selaku CO-Founder Tentang Anak mengungkapkan masalah ini menginspirasi Tentang Anak untuk terus menjawab kebutuhan orang tua dan anak Indonesia dengan peluncuran seri Buku Kenali Emosi dan Fitur Belanja di Aplikasi Tentang Anak.

 

Bagaimana Cara Mengenali dan Memvalidasi Emosi Anak?

Balita memang belum mampu mendeskripsikan apa yang dirasakannya. Oleh karena itu ada trik yang diberikan oleh seorang Psikolog, yakni Marsha Tengker tentang bagaimana memvalidasi emosi anak yang sedang tantrum. Tantrum sendiri terjadi ketika adanya limpahan emosi pada anak yang disebabkan sesuatu yang tidak biasa di alami sebelumnya.

“Perasaannya itu sangat banyak dan anak tidak tahu apa namanya, akibatnya sang anak juga tidak tahu bagaimana menghadapinya. Maka terjadilah tantrum. Emosi memang sudah ada dari lahir di setiap orang tapi butuh waktu untuk mengenalinya dengan baik, dan memberikan pengetahuan sejak dini akan sangat bermanfaat bagi anak,” ujar Marsha (Principal of Adult and Family Psychologist Tentang Anak).

Trik untuk mengetahui penyebab anak tantrum dan emosinya tidak terkendali bisa dikenali melalui HALT (Hungry, Angry, Lonely, dan Tired). Apakah anak lapar, marah, kesepian atau lelah. Orang tua bisa mengenali dan memperkirakan apa yang terjadi pada anak melalui HALT sehingga bisa membantu mereka agar tenang.

Gunakan Media Buku Untuk Ajarkan Berbagai Emosi Pada Anak

Kesadaran mengenai edukasi emosi pada anak ini telah mendorong sebuah ekosistem parenting di Indonesia, Tentang Anak, meluncurkan sebuah seri buku bernama Kenali Emosi. Seri buku ini terdiri dari empat judul buku yaitu Senang, Marah, Sedih, dan Takut.

Grace yang juga psikolog dari Tentang Anak, menyebutkan buku seri Kenali Emosi ini berusaha menyampaikan beberapa pesan, Pertama, kemampuan merasakan emosi adalah sesuatu yang telah ‘terberi’ dan semua orang memiliki kemampuan itu.

Kedua, tidak ada emosi yang salah, walau terkadang emosinya tidak menyenangkan dan membuat orang tua kesal. Dan ketiga, emosi itu tidak berbasis gender. Tidak ada emosi yang diizinkan hanya untuk anak laki-laki saja atau hanya untuk anak perempuan saja.

“Jadi semua anak boleh mengalami tiap emosi dan yang penting kita bantu mereka untuk mengenali supaya kemudian kita bisa latih mereka untuk mengelola dan menghadapinya,” tambah Grace.

Dampingan Aplikasi Parenting ‘Tentang Anak’ Lewat Smartphone dengan Fitur Belanja Terpercaya untuk Parenting

Tentang Anak sebagai platform parenting berkomitmen mendampingi setiap ibu dan ayah di Indonesia untuk memberikan edukasi dan produk terbaik untuk perkembangan anak. Dampingan parenting digital ini juga mudah untuk diakses dimana pun dan kapan pun.

Tentang Anak tidak hanya berusaha memberikan edukasi terbaik untuk para orang tua di Indonesia untuk membantu tumbuh kembang anak, tapi juga memfasilitasi orang tua dengan fitur belanja di dalam aplikasi Tentang Anak.

Melalui fitur belanja, orang tua dengan tenang dapat berbelanja kebutuhan anak-anaknya karena produk yang disajikan merupakan produk orisinil hasil kurasi para ahli terbaik di bidangnya dan telah memenuhi standar kesehatan serta keamanan untuk anak-anak.

Seri Buku Kenali Emosi tersedia eksklusif melalui fitur belanja di Aplikasi Tentang Anak yang bisa di download secara gratis di Play Store dan Apple Store.

Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading