Sukses

Parenting

Fitur Baru Tentang Anak yang Bermanfaat untuk Memantau Tumbuh Kembang Anak

Fimela.com, Jakarta Tentang anak merupakan aplikasi mengenai ekosistem parenting terlengkap di Indonesia, yang didirikan oleh pasangan suami istri, dr. Mesty Ariotedjo Sp.A seorang dokter spesialis anak dan Garri Juanda, lulusan Harvard Business School yang telah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun di dunia teknologi. Tentang anak menggelar webinar mingguannya kembali sebagai wadah berbagi dan edukasi bagi jutaan orangtua dan anak Indonesia. 

Webinar Tentang Anak hadir untuk mengedukasi calon orangtua yang sedang menanti kehadiran buah hati atau masih dalam proses kehamilan dan sedang mempersiapkan persalinan dengan mengundang dr. Darrell Fernando, SpoG MRCOG, MM, MARS, FICS (salah satu expert Tentang Anak) sebagai narasumber untuk mengupas tuntas topik ini. 

Tips Menjaga Kesehatan dan Kenyamanan Selama Proses Kehamilan

  • Kontrol kehamilan sesuai dengan jadwal termasuk untuk pemeriksaan USG: minimal 4x pemeriksaan USG selama kehamilan. Ketika trimester 1 (usia 10-13 minggu), trimester 2 (usia 20-24 minggu), trimester 3 (usia 28-31 minggu dan 36 minggu)
  • Perhatikan nutrisi dan pola makan dengan gizi seimbang: tidak ada makanan “superior” atau paling bagus dibandingkan makanan yang lainnya. Ibu hamil dapat mengkonsumsi variasi jenis makanan untuk memenuhi kecukupan gizi.
  • Konsumsi vitamin sesuai anjuran dokter: kebutuhan vitamin ibu hamil termasuk zat besi, asam folat, dan vitamin D. Namun sebelum mengkonsumsi ini semua, ibu hamil wajib untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  • Berolahraga: usahakan untuk beraktivitas fisik sebanyak 150 menit dalam seminggu, atau 20-30 menit setiap harinya dan hindari aktivitas berat seperti lompat-lompat.
  • Mengenali tanda bahaya setiap trimester: seperti muntah hebat, pendarahan, kontraksi atau nyeri perut hebat, pecah ketuban, tekanan darah tinggi, nyeri kepala hebat, tidak merasakan gerakan janin, dan kejang.
  • Persiapan ASI sejak kehamilan: Orang tua dapat mengkonsultasikan kondisi medis ke dokter, bidan, konselor laktasi sejak hamil, selain itu orang tua dan lingkungan juga dapat menciptakan suasana yang nyaman, dukungan yang penuh, dan menghindari stres agar proses mengASIhi dapat berjalan dengan lancar. Kecukupan gizi ibu dan inisiasi menyusui dini (IMD) juga memiliki peranan penting dalam perjalanan mengASIhi.

Fitur Baru yang Bermanfaat untuk Memantau Perkembangan Anak

  1. Direktori Dokter Anak: cek lokasi dokter spesialis anak di seluruh Indonesia.

  2. Tanya Dokter Anak GRATIS: langsung dijawab oleh ahlinya selama 30 menit, khusus di jam operasional 09.00-15.00,

  3. Rekomendasi Aktivitas Anak: rencanakan kegiatan harian si kecil sesuai rekomendasi durasi aktivitasnya, seperti montessori, outdoor, sains, dan lainnya,

  4. Video Tutorial Stimulasi Anak: ide aktivitas bermain dengan anak sesuai tumbuh kembangnya,

  5. Pilihan Tonton Ulang Webinar Tentang Anak: tak perlu khawatir ketinggalan nonton webinar, kini tersedia akses tonton ulang

  6. Daftar Member Support WA Group Tentang Anak: AyBun bisa saling bertukar informasi seputar parenting

  7. Skrining red flag: Deteksi tanda bahaya pertumbuhan anak sesuai dengan usianya

  8. Panduan pertama untuk anak sakit: Fitur algoritma terkait keluhan anak sakit dan memberikan solusi tercepat dari rumah (demam, kejang, GTM, sembelit).

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

What's On Fimela
Loading