Sukses

Parenting

5 Hal yang Menyebabkan Nafsu Makan Anak Berkurang, Salah Satunya Stres

Fimela.com, Jakarta Ketika anak tak mau makan, melakukan gerakan tutup mulut dan rentan rewel seringkali membuat orangtua merasa kebingungan. Tak hanya bingung, orangtua pun akan merasa cemas karena takut anak tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Mengenai berkurangnya nafsu makan pada anak, apakah kira-kira penyebabnya? 

Melansir dari laman theindusparents.com, ada beberapa hal yang menjadi penyebab nafsu makan anak berkurang. Penyebab ini sangat sering terjadi namun cukup jarang disadari oleh orangtua. Apa saja penyebabnya? Simak yang berikut ini.

Masalah Kesehatan

Hal pertama yang menyebabkan nafsu makan anak berkurang adalah masalah kesehatan. Anak yang sedang sakit baik itu sakit demam, flu, sariawan atau lainnya bisa menyebabkan nafsu makan anak berkurang. Sama seperti orang dewasa, anak tak lagi memiliki selera makan saat sakit bahkan ketika perutnya lapar.

Stres

Para ahli menemukan jika anak yang mengalami stres juga mengalami berkurangnya nafsu makan. Stres pada anak bisa terjadi karena orangtua terlalu memaksanya untuk makan, risiko bullying di sekolah atau lingkungan bermain, terlalu banyak pelajaran di sekolah, adanya masalah dalam keluarga bahkan tekanan dari orangtua yang menuntutnya untuk jadi anak yang lebih sempurna. 

Depresi

Tidak menutup kemungkinan bahwa usia anak-anak seseorang juga mengalami depresi. Anak yang mengalami kesedihan mendalam rentan depresi. Depresi ini yang kemudian membuat nafsu makan anak berkurang. Tak hanya nafsu makan yang berkurang, anak yang mengalami depresi juga terlihat lebih murung, malas dan tidak semangat melakukan aktivitas sehari–hari.

Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan tertentu membuat nafsu makan anak berkurang. Sebelum memberikan obat tertentu untuk anak, sebaiknya cari tahu apa saja efek samping obat tersebut. Beberapa obat ternyata memiliki efek samping menurunkan nafsu makan. 

Anoreksia Nervosa

Ini merupakan hal yang paling sering menyebabkan nafsu makan anak berkurang. Ketika mengalami kondisi ini, anak tak hanya kehilangan nafsu makan tetapi juga kehilangan minatnya pada beberapa jenis makanan. Anak dengan kondisi anoreksia nervosa akan berusaha memiliki berat badan tertentu yang mendorongnya tidak makan bahkan dalam jangka waktu cukup lama. 

Itulah beberapa hal yang menyebabkan anak tidak nafsu makan. Semoga informasi ini bermanfaat. Saat anak tidak nafsu makan, jangan panik berlebihan Mom. Tetap tenang dan cari tahu penyebab nafsu makan anak berkurang. Jika sudah tahu penyebabnya, Mom bisa mencar solusi terbaik untuk mengatasi menurunnya nafsu makan ini. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading