Sukses

Parenting

Tak Perlu Khawatir, Ini 4 Cara Mengatasi Anak Usia 1 Tahun Susah Makan yang Ampuh

Fimela.com, Jakarta Umumnya, permasalahan orangtua ketika anaknya yang berusia 1 tahun susah makan. Pada usia ini pertumbuhan anak cenderung lebih lambat sehingga membuat Si Kecil memiliki selera makan yang buruk. Maka, peran orangtua menjadi sangat penting untuk memahami cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun.

Terkadang, di usia ini anak lebih memilih makanan yang ia sukai. Pada usia 1 tahun, anak memiliki kemampuan baru untuk menentukan kendali atas berbagai hal seperti mengambil keputusannya secara mandiri. Namun kondisi anak susah makan jangan sampai orangtua biarkan. Hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatannya dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Hindari untuk memarahi anak ketika mereka sedang susah makan. Pahami beberapa cara yang tepat agar anak tak lagi kesusahan untuk makan. Orangtua tak perlu khawatir lagi, berikut Fimela ulas cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun dari berbagai sumber, Kamis (2/12/2021) yang ampuh dan efektif.

1. Mencampurkan Makanan Favoritnya dengan Variasi Baru

Cobalah untuk menyuguhkan makanan favorit Si Kecil dengan variasi makanan yang baru. Ini dapat bekerja sangat baik ketika anak sedang malu-malu untuk mencoba hal baru, dikutip dari Parents.

Selain itu, membuat ide kuliner yang lucu untuk memeriahkan pemandangan piring anak tentu menjadi sangat menyenangkan.

2. Memperkenalkan Menu Makanan yang Baru

Memperkenalkan makanan yang baru kepada anak menjadi bagian penting dalam membantu anak untuk mengonsumsi makanan sehat serta mengembangkan selera makannya yang luas. Alih-alih memperkenalkan terlalu banyak sekaligus, tawarkan satu makanan baru per hari dan jangan menumpukkan di piring Si Kecil. American Academy of Family Physicians menyarankan untuk menawarkan anak 1 sendok makan makanan untuk setiap usianya per tahun.

3. Biarkan Anak Makan Sendiri

Menurut Kids Health, anak-anak harus mulai belajar makan sendiri dengan jari-jari kecilnya sekitar usia 9 bulan dan mencoba menggunakan peralatan makan pada usia 15-18 bulan. Berikan banyak kesempatan untuk ini dan pastikan Si Kecil makan dengan cukup.

Sebagian orangtua khawatir untuk membiarkan anak-anak makan sendiri. Namun, hal ini dapat memberi anak kendali yang seharusnya memang mereka miliki pada usia ini. Mereka perlu memutuskan apa yang akan mereka makan dan berapa banyak porsinya.

4. Kenali Setiap Tindakan Si Kecil

Waspadalah terhadap apa yang diisyaratkan anak melalui tindakan mereka. Seorang anak mulai mencecerkan atau menghamburkan makanan, berarti secara tidak langsung bahwa ia sudah kenyang.

Mengatur waktu makan kepada Si Kecil itu penting, maka kenalilah setiap tindakan Si Kecil. Jangan memaksa mereka untuk terus makan, padahal ia sudah kenyang. Anak-anak usia ini dapat mengatur rasa lapar mereka. Jika mereka memilih untuk tidak makan sama sekali, cukup tawarkan makanan di waktu makan selanjutnya.

Itulah beberapa cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun yang mudah dan ampuh untuk dilakukan. Selamat mencoba!

Penulis: Atika Riyanda Roosni

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading