Sukses

Parenting

Pendekatan Orangtua yang Tepat dalam Membangun Ikatan dengan Anak Generasi Alpha

Fimela.com, Jakarta Generasi alpha saat ini menjadi generasi yang lahir di dunia digital. Kebanyakan dari mereka sudah sangat fasih dan akrab akan teknologi digital. Hal yang terkadang membuat hubungan orangtua dan anak menjadi cukup renggang karena anak generasi alpha disibukkan dengan keseruan pada perangkat teknologi.

Di sisi lain, anak generasi alpha juga menjadi lebih memiliki pandangan yang lebih terbuka dan maju dari generasi sebelumnya. Kondisinya saat ini adalah saat si Kecil asik dengan gawainya terkadang orang tua tidak dapat mendampingi 100% karena kesibukan Ayah Bunda akan pekerjaan kantor atau pekerjaan rumah serta membuat waktu bersama si Kecil tersita.

“Tidak bisa dipungkiri, kondisi saat ini membuat penggunaan gawai sangat dibutuhkan untuk si Kecil, mulai dari belajar, mengasah hobi, hiburan sampai menjadi pengenalan dunia buat mereka. Sehingga kita sebagai orang tua sebaiknya menyisihkan waktu untuk hadir mendampingi mereka agar terpapar dengan konten yang baik dan interaksi serta bonding dengan orang tua tetap terjaga," kata Ibu Yanti Oktavia selaku Senior Brand Manager Cap Lang Kayu Putih Plus.

Karenanya, Cap Lang Kayu Putih Plus membuat gerakan #MulaiDariBercerita sebagai media orang tua untuk berinteraksi dan memperkuat bonding mereka dengan cara yang kreatif dan menyenangkan, dimulai dengan menghadirkan Cerita Seru si Natha dalam media digital seperti di Instagram @keluarga_caplang dan Youtube Keluarga Cap Lang.

 

Pentingnya menyisihkan waktu

Menurut Yanti, orangtua tetap harus mampu menyisihkan waktunya untuk bercerita dengan anak. Dalam penelitian, membacakan cerita untuk anak tidak hanya memperkuat hubungan yang positif melainkan juga membangun keterampilan bahasa dan menumbuhkan kreativitas.

"Membaca juga dapat membantu si Kecil belajar emosi dan cara menghadapi masalah, serta dengan meluangkan membaca 10 menit tiap hari, si Kecil akan terpapar 600.000 kata dalam setahun," lanjut Yanti.

Tak hanya masalah bonding orang tua dan anak yang diperhatikan, Cap Lang Kayu Putih Plus juga mendukung kreativitas dan keberanian si Kecil dengan membuat #MulaiDariBercerita Competition di Instagram @keluarga_caplang.

Gerakan #MulaiDariBercerita dari Cap Lang Kayu Putih Plus semakin sempurna dengan diadakannya Cap Lang Sharenting #MulaiDariBercerita untuk keluarga Indonesia. Rangkaian acara Cap Lang Sharenting #MulaiDariBecerita sudah diselenggarakan pada 23 Juli 2022 yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional, di Downtalk Walk Summarecon Mall Bekasi.

 

Aktivitas yang membantu orangtua

Cap Lang Kayu Putih Plus menyelenggarakan acara Cap Lang Sharenting sebagai wadah untuk berbagi pengalaman dari orang tua hebat untuk orang tua hebat lainnya dalam mengasuh si Kecil. Pada acara ini akan ada sesi bincang-bincang bersama Dr. Rose Mini Agoes Salim M.Psi atau yang biasa disapa Bunda Romi sebagai psikolog spesialis pengasuhan anak.

“Kampanye Cap Lang #MulaiDariBercerita ini adalah kampanye yang luar biasa karena bisa mengedukasi Ayah dan Bunda untuk bisa nantinya menjadi orang tua yang luar biasa dan mengenalkan anaknya jendela dunia melalui buku cerita. Jadi kampanye ini akan membantu orang tua membuat anak-anaknya menjadi lebih cerdas dan lebih bahagia.” Ujar Bunda Romi

 

Menjaga kehangatan dengan minyak kayu putih

Selain berbagi ilmu dan pengalaman dengan ahlinya, tak lupa para orang tua bisa bangun keseruan dan bonding bersama si Kecil dengan mengikuti aktivitas seru di Taman Bermain Natha yang terdapat 6 area bermain, penampilan dari sekolah-sekolah, penampilan dongeng oleh Paman Gery, pengumuman pemenang #MulaiDariBercerita IG Challenge dan pembagian doorprize, serta penampilan spesial dari Naura dan Neona.

Untuk melengkapi kegiatan bercerita bersama si Kecil, jangan lupa selalu usapkan Cap Lang Kayu Putih Plus dengan perpaduan kehangatan yang pas dari minyak kayu putih dan plusnya yang melindungi gigitan nyamuk selama 12 jam dari kandungan Natural Rhodinol. Agar si Kecil tidur dengan nyaman tanpa gigitan nyamuk, orang tua pun tenang.

What's On Fimela
Loading