Sukses

Parenting

Kapan Waktu yang Tepat Menyapih Buah Hati dari ASI?

Fimela.com, Jakarta Untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan buah hati yang lebih baik, para ahli menyarankan agar Mom menyusui eksklusif buah hati hingga usianya mencapai enam bulan. Setelah itu, Mom tetap tetap bisa menyusui buah hati hingga usianya mencapai dua tahun bersamaan dengan pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Lepas dari dua tahun Mom bisa mulai menyapih buah hati atau sudah tidak lagi menyusuinya. Kira-kira, apa yang dimaksud dengan menyapih anak?

Apa Itu Menyapih Anak?

Menyapih adalah momen di mana buah hati sudah tidak lagi diperkenankan untuk mengonsumsi ASI. Biasanya menyapih anak dilakukan setelah anak berusia dua tahun. Mengenai aktivitas menyapih ini, tidak sedikit Mom yang kesulitan dalam menyapih anaknya. Saat menyapih, tidak jarang hal ini menimbulkan drama yang cukup melelahkan, menguras tenaga dan pikiran Mom maupun buah hati. 

Apakah menyapih buah hati harus dilakukan saat buah hati berusia dua tahun? Kalau menyapih sebelum itu bagaimana? Kalau menyapih setelah anak berusia dua tahun apakah berbahaya? Mungkin banyak dari Mom bertanya akan hal ini. Apalagi untuk Mom yang juga sibuk bekerja dan berkarir sehingga tak bisa menyusui buah hati setiap hari selama dua tahun pertama usianya atau sebaliknya.

Waktu yang Tepat Menyapih Anak

Mengutip dari laman healthline.com, idealnya memberi ASI eksklusif ke anak adalah saat anak berusia 0 - 6 bulan. Setelah anak berusia 6 bulan, ia sebaiknya diperkenalkan dengan makanan lain atau MPASI dengan tetap disusui. Dalam Buku Kesehatan Ibu dan Anak, anak bisa diberikan ASI hingga usianya dua tahun dengan tetap diberi makanan lain karena konsumsi ASI saja tidak akan mencukupi nutrisi dan gizi dalam tubuhnya. 

Jika anak telah berusia enam bulan dan ASI Mom tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, Mom boleh memberikan anak susu formula sebagai pengganti ASI. Mom juga diperbolehkan memberikan susu formula sebagai pendamping MPASI anak. 

Untuk kapan waktu yang tepat menyapih anak, sebenarnya tidak ada patokan khusus kapan ini bisa dilakukan. Menyapih anak atau menghentikan anak dari konsumsi ASI secara langsung dari payudara Mom membutuhkan proses bertahap. Ada anak yang sudah tidak mau konsumsi ASI di usianya yang kurang dari dua tahun bahkan kurang dari satu tahun. Tapi tidak sedikit anak yang masih ingin konsumsi ASI langsung dari payudara Mom hingga usianya lebih dari dua tahun. 

Waktu yang dianjurkan untuk menyapih anak sebenarnya tergantung pada kesehatan Mom dan anak. Ini juga tergantung pada kesiapan Mom serta anak. Ini tergantung pada keputusan Mom dan keinginan anak.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading