Sukses

Parenting

4 Trik yang Bisa Dicoba untuk Mengajarkan Perkalian pada Anak

Fimela.com, Jakarta Ketika memasuki sekolah dasar, perkalian menjadi salah satu pelajaran yang sulit untuk dipahami oleh kebanyakan anak. Banyak dari mereka yang kesusahan untuk menghafal perkalian, sehingga pelajaran ini sering kali dianggap sebagai musuh terbesar. 

Tak jarang pula orang tua dan pendidik mendorong anak untuk pandai dalam menguasai perkalian. Hal ini tentu dapat menimbulkan rasa intimidasi pada anak yang pada akhirnya merusak hasil belajar mereka. 

 Fimela merangkum beberapa strategi khusus yang bisa digunakan untuk mengajarkan perkalian pada anak agar mereka tidak merasa diintimidasi.

1. Mengaitkan perkalian dengan penjumlahan

Manusia merupakan makhluk yang mudah lupa, oleh karena itu hindari memulai belajar perkalian dengan menghafal. Anak-anak yang belajar perkalian dengan cara menghafal cenderung akan cepat lupa ketika langsung dihadapkan dengan tugas-tugas.

Cara paling efektif untuk mengajarkan perkalian pada anak adalah dengan mengaitkan pada konsep penjumlahan. Metode ini lebih mudah dan efektif bagi anak karena pada umumnya anak telah mempelajari penjumlahan sebelum sampai pada tahap perkalian.

2. Mulai dengan angka mudah 

Untuk mengajari perkalian pada anak, sahabat Fimela dapat memulai dari angka terkecil dan mudah seperti 2, 4, 5, dan 10. Dengan memulai dari angka yang mudah anak-anak akan lebih cepat mengerti karena matematika terutama perkalian merupakan pelajaran yang harus dipahami, bukan dihafal.

Ajarkan menggunakan trik

Perkalian merupakan pelajaran yang menantang sehingga sahabat Fimela dapat mengajarkan anak dengan menggunakan tips dan trik. Salah satu trik yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan jari. 

Untuk memulainya dapat dilakukan dengan merentangkan 10 jari ke depan, lalu mulailah dari perkalian 9. Misalnya 9 x 1, letakkan kelingking kiri anak ke bawah sehingga tersisa 9 jari dan itulah hasilnya.

Untuk perkalian 9 x 2 letakkan jari manis anak ke bawah sehingga tersisa 8 jari, kemudian ditambah dengan 1 jari manis yang diletakkan sebelumnya, maka hasilnya 18. Trik ini dapat digunakan hingga perkalian 9 x 9 (8 dan 1 atau 81). Oleh karena itu, cobalah gunakan beberapa trik untuk mendorong anak bertanya mengenai keberhasilan dari trik.

4. Gunakan lagu pada perkalian

Cara mudah dan menyenangkan untuk mengajari perkalian pada anak adalah dengan menggunakan lagu. Cara ini cenderung efektif untuk dilakukan karena melalui musik yang menarik dapat memancing otak untuk lebih mudah mencerna informasi. 

Untuk memulainya, sahabat Fimela dapat menggunakan referensi lagu dari youtuber sekaligus guru sekolah dasar di Amerika, Mr. DeMaio yang menggunakan mengajarkan perkalian dengan memparodikan lagu dari musisi-musisi terkenal.

Demikian beberapa tips dan trik yang bisa sahabat Fimela gunakan untuk mengajari anak belajar perkalian.

*Penulis: Angela Marici.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading