Sukses

Parenting

10 Ciri-ciri Anak Cerdas yang Penting Diketahui Orangtua

Fimela.com, Jakarta Anak merupakan anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada setiap pasangan suami istri. Dengan adanya anak, keluarga akan terasa lebih lengkap dan berwarna. Kelengkapan itu bahkan akan bertambah berkali-kali lipat ketika sang anak tak hanya memiliki wajah yang cantik atau tampan rupawan tetapi juga memiliki otak yang cerdas. 

Hampir semua orangtua akan merasa bahagia dan bangga ketika memiliki buah hati yang cerdas. Mengenai kecerdasan anak, mengutip dari laman parents.com, ciri-ciri anak cerdas bisa diketahui orangtuan bahkan ketika anak masih balita. Anak-anak yang terlahir dengan kecerdasan di atas rata-rata akan menunjukkan beberapa tanda atau ciri khusus. 

Penasaran apa saja ciri-ciri dari anak cerdas?

Ciri-Ciri Anak Cerdas

Para ahli mengungkapkan jika anak yang cerdas memiliki beberapa ciri khusus. Ciri ini bisa dilihat atau diketahui dalam kehidupan sehari-harinya. Berikut beberapa ciri tersebut. 

  1. Anak memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Anak bahkan bisa memahami dan merespon orangtua saat ia masih berusia di bawah dua tahun. Beberapa anak dengan otak cerdas sudah bisa memahami apa yang orang lain katakan sejak usianya masih satu tahun. 
  2. Anak yang cerdas juga dikenal memiliki kepribadian kuat secara emosional. Mereka umumnya mampu mengerti sikap positif dan negatif dari sekitar. Mereka juga memiliki pemikiran yang kompleks serta matang. 
  3. Beberapa penelitian menemukan jika bayi cerdas sangat responsif terhadap sekitarnya. Bayi ini akan segera menoleh atau menatap mata orang yang sedang mengajaknya bicara. 
  4. Anak yang memiliki milestone lebih awal dikatakan juga memiliki otak yang cerdas. Ketika anak sudah bisa duduk, jalan, merangkak atau bermain sendiri di usinya yang masih sangat belia, ini menjadi tanda ia memiliki pemikiran yang cerdas. 
  5. Beberapa anak cerdas lebih suka menyendiri atau bermain sesuka hatinya. Umumnya, anak yang cerdas lebih pemilih terhadap teman-teman atau orang di sekitarnya. Ia juga lebih asik bermain sendiri dengan berkreasi atau menciptakan sesuatu yang baru. 
  6. Anak yang cerdas tidak sedikit yang keras kepala. Selain itu, anak ini juga tak pernah takut untuk mencoba berbagai hal baru bahkan yang berisiko sekalipun. 
  7. Anak yang cerdas umumnya juga sangat fokus terhadap apapun yang ia suka. Anak ini akan sangat fokus dalam waktu yang cukup lama untuk hal yang ia suka. Tapi untuk hal yang tak disukainya, ia akan mudah bosan. 
  8. Rasa ingin tahu anak yang cerdas biasanya cukup tinggi dibandingkan dengan anak-anak seusianya yang lain. Anak ini juga suka mengkreasikan seagala sesuatu di dekatnya. 
  9. Anak dengan ciri-ciri cerdas umumnya juga mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Anak ini akan melakukan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. 
  10. Penelitian menemukan jika anak dengan otak cerdas biasanya lebih jarang tidur. Ini karena anak cerdas umumnya memiliki tingkat energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak seusianya. 

Itulah beberapa ciri-ciri anak dengan otak yang cerdas. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk Mom, lebih peka terhadap buah hati dan cari tahu apakah ia termasuk anak yang cerdas atau anak dengan kemampuan berpikir yang sama dengan teman-teman seusianya?

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading