Sukses

Parenting

5 Tips Sederhana agar Anak Cepat Berjalan

Fimela.com, Jakarta Anak mulai belajar melangkah di usia yang berbeda-beda. Ada yang memulainya pada usia 7 bulan dan yang paling lambat 18 bulan atau 1,5 tahun. Namun, menurut buku What to Expect, rata-rata anak melakukan langkah pertamanya pada usia 14 bulan.

Biasanya tanda-tanda saat akan melangkah ialah ketika menarik badannya untuk berdiri. Nah, pada saat itu sebisa mungkin sahabat fimela tidak usah membatasi pergerakan si kecil dengan menaruhnya di atas kereta dorong atau baby walker. Berikut terdapat tips sederhana agar anak cepat berjalan.

1. Letakkan di lantai

Menggendong anak memanglah hal yang baik namun alangkah baiknya jika tidak setiap saat. Sahabat fimela bisa meletakkan si kecil di lantai dan mengawasinya. Hal tersebut untuk membiasakan ia berdiri dengan kedua kakinya sendiri dan menjadi lebih percaya diri. selain itu, ia juga bisa semakin percaya pada kemampuannya untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.

2. Biasakan menitah

Menitah adalah trik paling umum untuk membantu anak kecil berlatih berjalan. Tentunya dengan cara memegang kedua tangannya atau disebut menitah. Beri ia dukungan agar tidak jatuh tersungkur atau pegang lengannya dalam posisi agak tinggi agar tubuhnya tegak.

Ingat, jangan sampai sahabat fimela mengangkat tangan dan badan si kecil, sehingga kakinya tidak menapak sempurna di lantai.

3. Biarkan bertelanjang kaki

Saat pertama kali berjalan kaki yang paling baik ialah tidak menggunakan sepatu sama sekali. Namun, pastikan lantai atau rumput yang akan dipijak aman dari hal-hal membahayakan. Biarkan si kecil berjalan tanpa alas kaki. Jika dirasa dingin berikanlah kaus kaki yang alasnya kesat atau tidak livin.

Bertelanjang kaki memiliki banyak manfaat, salah satunya membantu membentuk otot kaki dan menguatkan pergelangan kakinya. Ia juga akan lebih cepat belajar keseimbangan dan koordinasi.

4. Latih bersama teman sebaya

Bawa anak untuk bermain dengan teman sebaya. Biasanya jika temannya sudah bisa berjalan, ia juga akan meniru dan termotivasi untuk ikut belajar berjalan. Karenanya jangan lupa untuk menyemangati si kecil ya.

5. Ajak berenang

Berenang juga salah satu kegiatan yang asyik bagi bayi. Dengan berenang, ia akan belajar menggunakan kakinya dan berguna untuk memperkuat serta melatih otot. Ajarkan ia gerakan menendang di dalam air. Jika airnya dangkal, maka cukup mengajaknya berjalan-jalan di dalam air agar ototnya semakin terlatih.

Nah, itu dia 5 tips sederhana agar anak cepat berjalan yang bisa sahabat fimela terapkan pada sang buah hati. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading