Sukses

Parenting

Hindari, 5 Hal Ini Dipercaya Bikin Anak Semakin Manja

Fimela.com, Jakarta Pada dasarnya setiap orangtua ingin segala yang terbaik untuk anak-anaknya. Sayangnya, keinginan ini terkadang tidak diimbangi dengan sikap bijak dari orangtua. Saat orangtua menuruti semua keinginan anak, yang ada anak akan semakin manja dan tidak mau mengetahui kata tidak atau penolakan dari orang lain. 

Perlu kita tahu, sikap manja bukanlah hal yang baik. Sikap ini bisa membuat seseorang rentan marah, emosi dan kecewa jika apa yang ia inginkan tak terpenuhi. Sikap manja juga akan membuat seseorang tidak jarang menjadi pribadi yang sombong, angkuh dan identik dengan sikap buruk lainnya. 

Mengutip dari laman theasianparents.com, ada beberapa sikap dari orangtua yang rentan membuat anak semakin manja. Apa saja? Simak yang berikut ini. 

Membiarkan Anak Bersikap Nakal

Orangtua yang membiarkan anak bersikap nakal atau tidak sopan akan meningkatkan risiko anak manja. Ketika orangtua tahu anak melakukan kesalahan, sebaiknya ia menasehati sang anak. Hindari membiarkan anak melakukan apa saja yang ia mau karena ini bisa membuat anak semakin manja. Anak yang tak pernah dinasehati tak hanya manja tetapi juga berpotensi melakukan berbagai kesalahan lain ke depannya.

Membantu dalam Segala Hal

Orangtua yang membantu anak dalam segala hal juga akan membuat anak semakin manja. Saat anak menginginkan sesuatu, latih ia untuk mendapatkan sesuatu yang ia inginkan dengan usahanya sendiri. Memberikan segala hal langsung di hadapan anak tanpa memberi kesempatan anak bersusah payah mendapatkan apa yang ia mau akan membentuk anak jadi pribadi manja. Ini akan membuat anak merasa selalu dimudahkan dan tak perlu usaha untuk mendapatkan yang ia butuhkan. 

Memberi Anak Materi yang Berlebihan

Walau pun orangtua adalah orang yang berada dan bisa mencukupi segala kebutuhan anak, tidak disarankan untuk memberi anak materi yang berlebihan. Kenapa? Karena hal ini bisa membentuk anak menjadi pribadi yang manja. Anak juga akan merasa bahwa ia memiliki segalanya dan memungkinkannya memiliki sifat angkuh serta sombong di hadapan teman-temannya. Saat anak dihadapkan pada situasi yang sulit, ini bisa membuat anak rentan stres dan tidak menerima kenyataan yang ada.

Lupa Mengajarkan Anak Sikap Sopan Santun

Sesibuk apapun aktivitas atau pekerjaan orangtua, usahakan untuk tetap menyempatkan waktu mengajari anak bersikap lebih sopan serta santun. Lupa untuk mengajari anak bersikap sopan dan santun rentan membuat anak bersikap semau sendiri bahkan menjadi anak yang manja.

Menyalahkan Orang Lain atau Benda Saat Terjadi Sesuatu pada Anak

Orangtua yang selalu menyalahkan orang lain atau benda di sekitar anak saat terjadi sesuatu ke anak misal anak jatuh, ini akan membuat anak rentan manja saat dewasa. Ajari anak untuk lebih hati-hati dalam bersikap dan berperilaku. Karena tidak semua hal yang terjadi pada anak terlebih untuk hal-hal buruk murni kesalahan dari orang lain atau benda di sekitarnya. 

Itulah beberapa hal atau sikap dari orangtua yang membuat anak semakin manja. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk Mom, ajari anak untuk lebih bersikap sopan, santun dan lebih baik lagi. Ajari anak menjadi pribadi yang mandiri namun tetap memiliki simpati dan empati ke orang lain. Ajarkan anak hal-hal yang membuatnya tak memiliki sikap manja dalam dirinya.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading