Sukses

Parenting

Peduli Kesehatan Anak, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Hadirkan Layanan Konsultasi Dokter Gratis

Fimela.com, Jakarta Ibu pasti bahagia melihat anaknya aktif bergerak dan mengeksplorasi lingkungan sekitar. Sehingga anak tidak segan untuk menyentuh hal yang membuat mereka penasaran, tidak terkecuali pada hal yang tidak bersih. Disisi lain, anak-anak rentan terserang penyakit karena sistem imunnya masih dalam perkembangan. Kebersihan diri dan lingkungan jadi kunci untuk menjaga kesehatan anak.

Dalam menjaga kesehatan dan kebersihan anak beserta keluarga, Lifebuoy berkolaborasi dengan Halodoc untuk meluncurkan kampanye #PerlindunganKeluargaSehat. Kampanye ini memfasilitasi layanan konsultasi dokter gratis di seluruh Indonesia hingga 2023. Dengan adanya layanan ini, akan memudahkan konsultasi kesehatan ketika si kecil mengalami masalah kesehatan.

“Kami memahami bahwa perlu ada usaha edukasi yang berkelanjutan dalam mengimbau masyarakat Indonesia untuk membiasakan diri berkonsultasi ke dokter. Itulah yang mendasari inisiatif kolaborasi dengan Halodoc dalam kampanye #PerlindunganKeluargaSehat untuk menyediakan layanan konsultasi dokter gratis ini,” tutur Erfan Hidayat, Head of Skin Cleansing Unilever Indonesia.

Layanan Konsultasi dengan Dokter Terpercaya

Kolaborasi antara Lifebuoy dan Halodoc ini memberikan kemudahan bagi orang tua untuk berkonsultasi dengan dokter terpercaya. Erfan menjelaskan bahwa melalui layanan ini, orang tua juga mendapatkan penanganan kesehatan yang cepat, mudah, dan tepat bagi anak mereka kapanpun dan dimanapun, melalui platform aplikasi Halodoc.

Senada dengan Erfan, Felicia Kawilarang selaku Felicia Kawilarang mengatakan sebagai ekosistem kesehatan digital, Halodoc mengamati bahwa orang tua memiliki peran krusial dalam memastikan kesehatan keluarga. Namun, juga terlihat bahwa masih terdapat poin-poin yaitu terkait bagaimana orang tua bisa mendapatkan akses layanan kesehatan yang terpercaya dan dapat diandalkan.

“Kolaborasi ini akan membantu fokus kami dalam memperluas pemanfaatan telehealth, yang mampu menjadi kotak P3K bagi para orang tua dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun, serta memberikan #PerlindunganKeluargaSehat yang optimal,” ujar Felicia dalam konferensi pers Lifebuoy x Halodoc pada Kamis (1/9).

Ajak Masyarakat Untuk Konsultasi ke Dokter

Tingkat kecemasan orang tua Indonesia terhadap kesehatan anak terlihat dari adanya traffic tinggi pada artikel dan informasi kesehatan terkait kesehatan anak dan keluarga di platform Halodoc. Topik yang paling banyak dicari adalah informasi terkait informasi praktis seperti tips mengatasi demam pada anak, informasi gejala tertentu, dan pola asuh anak.

Kecemasan orang tua akan kesehatan anak yang tinggi di Indonesia juga jadi penyebab tingginya upaya swamedikasi daripada konsultasi ke dokter. Kolaborasi Lifebuoy dan Halodoc ini juga merupakan upaya aktif kedua belah pihak agar orang tua terhindar dari perilaku swamedikasi, yang cenderung disebabkan oleh tingkat kecemasan orang tua yang tinggi mengenai kesehatan anak.

Risiko Swamedikasi Anak

Pada umumnya, tingkat kecemasan orang tua ketika anak sakit itu tinggi, sehingga orang tua ingin secepatnya memberikan obat kepada si kecil. Tentu harus dipahami bahwa rasa cemas orang tua adalah refleksi dari kasih sayang orang tua yang sedemikian besar untuk anaknya. Namun, hal ini akan jadi berisiko jika swamedikasi tidak dilakukan dengan tepat.

“Perlu diingat bahwa 'anak bukan miniatur orang dewasa' sehingga obat-obat yang aman diberikan kepada orang dewasa belum tentu aman untuk anak-anak. Selain itu, dosis pada anak harus dihitung sesuai usia dan berat badan anak, sehingga alangkah baiknya, bila orang tua berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memberikan obat kepada si kecil,” papar Devie Kristiani, Dokter Spesialis Anak

Karena itu, hadirnya layanan konsultasi dokter dari Lifebuoy dan Halodoc ini diharapkan bisa membantu orang tua agar terhindar dari praktik swamedikasi yang kurang tepat dengan memberikan kemudahan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan informasi yang benar di saat anak jatuh sakit.

Cara Mengakses Layanan Konsultasi Dokter Gratis

Dalam kampanye #PerlindunganKeluargaSehat, kolaborasi Lifebuoy dan Halodoc ini menyediakan layanan konsultasi dokter gratis, dengan mengakses platform Halodoc dengan cara sebagai berikut:

  1. Konsumen yang belum memiliki aplikasi Halodoc dapat mengunduh aplikasi tersebut dari Appstore dan Playstore atau memindai barcode yang ada di belakang kemasan sabun cair Lifebuoy Total 10.
  2. Kemudian setelah masuk ke dalam aplikasi Halodoc, klik ‘Chat dengan Dokter’ dan pilih dokter dari empat pilihan spesialisasi yang tersedia. Masukkan kode ‘LIFEBUOYHALODOC’ pada halaman pembayaran dan konsultasi segera dapat dilakukan.
  3. Konsumen yang sudah memiliki aplikasi Halodoc dapat langsung membuka aplikasi dan klik ‘Chat dengan Dokter’, memasukkan kode ‘LIFEBUOYHALODOC’ pada halaman pembayaran dan segera berkonsultasi.

Layanan konsultasi dokter gratis ini tersedia hingga pertengahan tahun 2023.

*Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading