Sukses

Parenting

5 Cara Mudah Atasi Batuk Pilek pada Anak di Rumah

Fimela.com, Jakarta Saat ini batuk pilek menjadi salah satu masalah kesehatan yang begitu mengkhawatirkan. Meski batuk pilek adalah masalah kesehatan yang umum terjadi, batuk pilek kini menjadi masalah kesehatan yang sebagian besar orang akan mencoba menghindarinya. Pada anak-anak, batuk pilek bahkan dinilai lebih mengkhawatirkan karena saat ini dikaitkan dengan masalah gagal ginjal akut pada anak. 

Dalam beberapa hari terakhir, pemerintah Indonesia resmi melarang peredaran obat sirup. Ini juga berlaku untuk obat sirup untuk sakit batuk, pilek dan demam pada anak. Dengan adanya pelarangan ini, orang tua harus lebih bijak dalam memberikan obat ke anak. Sebelum memberi anak obat atau membawanya ke dokter, ketika anak mengalami batuk pilek, sebaiknya ini diatasi secara alami di rumah. 

Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa cara mudah mengatasi batuk pilek pada anak di rumah. Cara alami tersebut antara lain sebagai berikut:

Cukupi Kebutuhan Cairan Anak

Tips pertama adalah cukupi cairan tubuh anak. Untuk anak yang masih konsumsi ASI eksklusif, pastikan untuk menyusuinya sesering mungkin. Sedangkan untuk anak yang sudah konsumsi makanan selain ASI, beri air putih, ASI dan sumber cairan sehat lainnya. Salah satu hal terpenting saat anak sakit adalah kecukupan cairan dalam tubuhnya.

Beri Anak Makanan Probiotik

Berikan anak makanan probiotik seperti tahu, tempe dan keju. Makanan dengan kandungan probiotik akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Saat kekebalan tubuh anak meningkat, ini bisa membantunya lekas sembuh dari sakit termasuk batuk dan pilek.

Pastikan Anak Istirahat Cukup

Pastikan jika anak memiliki waktu istirahat cukup. Pastikan anak tidur nyenyak saat siang maupun malam hari. Tidur cukup adalah salah satu hal penting untuk membuat anak semakin sehat dan nyaman.

Hindari Makanan dan Minuman yang Memperparah Batuk

Jangan beri anak makanan atau minuman yang bisa memperparah batuk pileknya. Makanan yang terlalu berminyak, makanan pedas dan makanan yang mengandung pengawet sebaiknya dihindari saat anak batuk maupun pilek. Sebaiknya anak diberikan makanan berkuah hangat seperti sup ayam, sup ikan dan wedang jahe lemon hangat.

Obati Secara Alami

Manfaatkan bahan alami di sekitar sebagai obat alami batuk pilek. Bahan alami tersebut antara lain jahe, madu, kunyit, susu dan sup ayam atau sup sayur hangat. 

Itulah beberapa cara alami yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi batuk pilek pada anak. Semoga informasi ini bermanfaat dan buah hati lekas sembuh dari batuk pilek yang diderita. Sebelum memberikan obat sendiri ke anak, sebaiknya lebih bijak untuk memeriksakan kondisi anak ke dokter saat ia sakit atau tidak enak badan.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading