Sukses

Parenting

Mengenalkan ‘Baby Led Weaning’ Pada Bayi 6 Bulan, Amankah? Cek di Sini

Fimela.com, Jakarta Ketika bayi sudah berusia 6 bulan, nutrisi berupa ASI (Air Susu Ibu) saja tidak cukup untuknya. Ia butuh nutrisi lain dari makanan dan minuman selain ASI atau yang sering disebut dengan MPASI. Biasanya, pada usia 6 bulan bayi diberikan makanan dengan tekstur halus dan jenis tertentu. Ini mengingat bahwa bayi masih belum bisa makan dengan baik dan demi menghindari risiko alergi pada jenis makanan tertentu. 

Tapi Mom, mengutip dari laman nhs.uk, ada pendekatan baru dalam memberikan makan ke anak usia 6 bulan. Pendekatan itu disebut sebagai Baby Led Weaning atau BLW. Kira-kira, apa itu BLW? Amankah pendekatan ini diberikan ke bayi berusia 6 bulan?

Sekilas Tentang Baby Led Weaning atau BLW

Baby Led Weaning (BLW) atau BLW mendukung Mom menghilangkan metode pemberian makanan pure ke bayi. Makanan pure adalah makanan yang telah dihaluskan dengan cara disaring atau diblender. Biasanya, makanan pure adalah makanan dari buah, sayur dan nasi putih yang dihaluskan. 

Sedangkan BLW adalah metode memberikan bayi makanan keluarga. BLW itu berasal dari Inggris. Cara ini menawarkan bayi memakan makanan yang lembut, panjang dan bisa dipegang, serta finger food sehingga meningkatkan keterampilannya dan bagus untuk perkembangannya.

Gill Rapley dan Traceh Murkett, penulis  Baby-led Weaning: Helping Your Baby to Love Good Food menjelaskan jika BLW memungkinkan bayi makan sendiri tanpa disuapi. Para ahli mengungkapkan jika umumnya bayi senang dengan metode pemberian makan ini. Dengan BLW, bayi pun akan mengalami perkembangan yang lebih baik. BLW juga dinilai lebih murah dan memberikan banyak manfaat bagi bayi maupun orang tua.

Amankah BLW untuk Bayi 6 Bulan?

Menurut Rapley dan Murkeet, metode BLW pada dasarnya aman untuk bayi usia 6 bulan. Ini mengingat bayi usia ini sudah siap makan dengan tangannya sendiri. Meski begitu ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh orang tua agar keamanan BLW terjamin. Hal-hal tersebut antara lain jenis makanan yang diberikan ke anak, orang tua mendampingi anak saat makan, anak sudah menunjukkan kesiapannya dalam makan sendiri dan pilih waktu yang tepat untuk memberikan anak makan. 

Itulah sekilas mengenai Baby Led Weaning. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading