Sukses

Parenting

4 Ide Menu Makanan Baby Led Weaning Usia 6 Bulan

Selain metode MPASI berupa bubur cair atau puree, sejak bayi berusia 6 bulan sudah dapat diperkenalkan makanan padat melalui metode baby led weaning atau BLW. Tanpa dihaluskan, BLW mengutamakan bayi mau makan melalui genggaman tangannya sendiri.

Karena bayi diajari makan melalui genggaman tangannya sendiri, maka orang tua perlu menyiapkan makanan padat yang tepat. Baik dari segi rasa, tekstur, nutrisi ataupun potongan ukuran makanan yang sesuai dengan genggaman dan kemampuan bayi untuk mengunyahnya.

Jika Mom ingin menerapkan metode BLW pada bayi berusia 6 bulan, berikut makanan-makanan yang dapat disiapkan di awal perkenalan bayi dengan BLW.

    Apel

    Cuci bersih dan kupas kulit apel. Potong-potong ukuran besar agar mudah digenggam. Mom juga bisa memanggang apel dan menghancurkannya menyerupai tekstur kasar sebagai variasi.

    Pisang

    Pilih pisang yang mendekati matang agar tidak terlalu keras. Kupas kulit pisang dan biarkan bayi memakannya langsung. Karena pisang sangatlah mengenyangkan, sebaiknya menakar ukuran pisang dengan porsi makan si kecil ya.

    Ubi Manis

    Ubi manis panggang atau kukus adalah makanan yang baik untuk awal-awal BLW. Potong seukuran jari tangan, berikan dalam bentuk kukus ataupun telah dipanggang.

    Telur Dadar

    Telur dadar yang lembut, tasty dan bernutrisi tinggi, bisa menjadi alternatif makanan BLW sehari-hari. Mom dapat memberikan putih telur dadar dan kuning telur dadar bergantian untuk memperkenalkan perbedaan rasa dan tekstur.

Pastikan Mom memilih makanan padat yang kaya vitamin dan serat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Pastikan juga untuk tetap memantau anak saat ia sedang makan untuk menghindari gagging dan choking saat makan.

(vem/wnd)
;
Loading