Sukses

Parenting

5 Penyebab Utama Baby Blues yang Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Mom mendengar istilah baby blues? Mungkin sebagian besar dari kita tak asing lagi dengan istilah ini. Baby blues merupakan kondisi di mana suasana hati atau psikologis Mom bermasalah pasca melahirkan. Baby Blues Syndrome adalah kondisi di mana Mom mudah marah, sedih, gundah, gulana, kecewa, kurang percaya diri dan rentan menyalahkan diri sendiri. Tidak sedikit perempuan yang mengalami baby blues rentan terhadap stres bahkan depresi. 

Mengutip dari laman healthline.com, baby blues sering terjadi di minggu pertama setelah melahirkan hingga minggu ketiga setelah melahirkan. Tapi, tidak menutup kemungkinan ini juga terjadi di kesekian minggu setelah Mom melahirkan. Saat mengalami baby blues, Mom juga rentan insomnia meski ia telah berusaha sekeras mungkin. 

Dan mengenai baby blues ini, apa kira-kira penyebabnya? Simak yang di bawah ini.

Perubahan Hormon

Penyebab paling umum dari baby blues adalah perubahan hormon pasca melahirkan. Adanya perubahan hormon dari masa kehamilan ke masa menyusui, membuat Mom rentan mengalami masalah suasana hati. Saat Mom melahirkan, akan terjadi perubahan hormon yang signifikan sehingga memicu baby blues dan masalah kesehatan lain.

Kelelahan

Kelelahan juga menjadi penyebab baby blues. Tak bisa dipungkiri bahwa setelah melahirkan Mom akan merasa lebih capek. Kelelahan ini terjadi karena Mom harus menjaga buah hati sepanjang hari dan malam di masa pemulihan pasca melahirkan. Kelelahan akut akan rentan membuat Mom mengalami masalah kesehatan baik fisik pun psikis. 

Kurang Tidur

Kurang tidur juga rentan menyebabkan baby blues. Jadi, penting bayi Mom untuk memiliki waktu tidur cukup setiap harinya setelah melahirkan. Jika memang mengantuk, tak apa Mom tidur karena ini menjadi aktivitas yang sangat penting untuk dilakukan.

Sakit Payudara, Demam dan Sakit Lain

Kondisi sakit pasca melahirkan baik sakit payudara, demam atau sakit lain juga meningkatkan risiko baby blues. Mom akan kehilangan semangat saat dirinya sakit sekaligus tetap harus memberikan perawatan terbaik untuk buah hati.

Kurang Dukungan dari Sekitar

Kurangnya dukungan dari sekitar terutama suami menjadi penyebab paling utama baby blues. Jadi, penting bagi suami dan orang-orang di sekitar perempuan yang baru saja melahirkan, untuk senantiasa memberi dukungan dan membawa aura positif. Penting bagi Mom untuk mendapat saran dan nasehat terbaik tanpa menjatuhkan setelah melahirkan demi fisik dan psikis yang lebih sehat. 

Itulah beberapa penyebab dari baby blues yang sering terjadi. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk, sama-sama lebih bijak dalam merawat buah hati dan keluarga, pun memberi komentar terhadap orang-orang di sekitar terutama untuk mereka yang baru saja melahirkan.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading