Sukses

Parenting

7 Tips Melakukan Bonding Time yang Seru dengan Buah Hati

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Mom memperhatikan bagaimana wajah lucu si kecil dengan, pipi tembem dan mata berbinar dan senyum nakal. Tentu ini bukan saja kebetulan. Mom dan si kecil sedang benar-benar menikmati kebersamaan saatu sama lain. Jika mengikuti naluri dan mengembangkan hubungan yang baik dengan buah hati, Mom dapat membuat ikatan semakin kuat dengannya.

Mengasihi si kecil juga dapat membantu menjaga kesehatannya. Melansir dari parents.com (1/11), penelitian di Psychological Science menunjukkan bahwa orangtua yang penuh perhatian melindungi anak-anak dari stres kronis, yang dapat menyebabkan gangguan tidur, masalah pencernaan, gangguan memori, depresi, dan obesitas. Tentunya ada hal lain yang dapat membantu Mom untuk membangun ikatan yang kuat dnegan si kecil. Apa saja itu? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menyusui

Ini bukan hanya tentang nutrisi, ketika si kecil meringkuk di depan Mom untuk memberi susu botol atau menyusui, ia mendengar detak jantung, mencium aroma Mom, dan diyakinkan dengan kontak kulit ke kulit.

2. Menatap Mata Si Kecil saat Menyusui

Melakukan kontak mata saat menyusui ternyata dapat membangun ikatan yang kuat dengan si kecil, lho Mom. Mata juga dapat berkomunikasi, yang membuat si kecil merasa diperhatikan.

3. Memberikan Pijatan

Manfaat pijat bayi sangat luar biasa, dan Mom akan merasa seperti pahlawan super saat si kecil terkikik dan mendesah kegirangan.

4. Menjaukan Diri dari Ponsel

Saat ini, keluarga, teman, dan rekan kerja akan mengerti jika Mom membutuhkan waktu beberapa jam untuk membalas pesan. Manfaatkan dengan memberikan semua waktu ekstra itu untuk si kecil.

5. Bercermin Bersama

Si kecil mungkin belum memahami konsep refleksi, tapi tidak apa-apa. Bayi suka melihat wajah manusia dan ini adalah cara yang bagus untuk membuat mereka lebih dekat dan pribadi dengan wajah mereka sendiri.

6. Ikut Tidur saat Si Kecil Tidur

Orangtua yang cukup istirahat adalah orangtua yang bahagia, dan si kecil akan mendapat manfaat paling banyak dari itu. Ketika Mom mendapatkan banyak istirahat tentu, memberikan energi positif kepada si kecil.

7. Lakukan skin to skin

Apakah Mom secara fisik menggendong bayi atau tidak, koneksi fisik sangat penting untuk perkembangan bayi. Skin to skin adalah aktivitas yang manis dan praktis karena membantu mengatur pernapasan dan detak jantung bayi.

Well, jangan ragu untuk melakukan hal-hal di atas ya Mom. Pastinya ketika Mom bahagia, anak pun ikut bahagia. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading