Sukses

Parenting

Perempuan dengan 5 Ciri Kepribadian Berikut, Mampu Menjadi Ibu yang Baik Bagi Anak-anaknya

Fimela.com, Jakarta Menjadi ibu yang baik tidak selalu berarti menjadi orang yang terlalu baik. Itu sebenarnya datang dengan menjadi cukup pintar untuk memahami diri sendiri dan juga anak, dan mengambil tindakan yang sesuai. Semua orang akan memberi Mom banyak nasihat seputar mengasuh anak, tetapi apa yang Mom pilih untuk dipatuhi adalah yang bisa membuat Mom menjadi yang terbaik.

Nah, berikut ini adalah beberapa kualitas terbaik dari seorang ibu yang hebat. Bagimana saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kesadaran Diri

Agar dapat memahami anak dengan lebih baik, pertama-tama Mom harus menyelaraskan diri dengan diri sendiri. Seseorang yang benar-benar menyadari kekuatan dan kelemahan mereka sendiri, serta tahu bagaimana mengelolanya, sebenarnya dapat membantu anak mereka menyadari kekuatan dan kelemahan mereka juga.

Mengasuh anak tidak mudah dan Mom mungkin sering meragukan diri sendiri, dan mempertanyakan keterampilan atau gaya mengasuh anak. Meskipun ini benar-benar normal untuk setiap orangtua, dan dengan cara yang penting untuk dipikirkan kembali, menjadi sadar dan sadar diri dapat membantu Mom melompat kembali dengan cara yang lebih efisien dan percaya diri.

2. Mendengarkan Secara Efektif

Anak-anak menyukai ibu yang mendengarkan mereka tanpa menghakimi. Saat anak tumbuh, mereka akan membagikan pemikiran, pengamatan, dan pengalaman mereka dengan cara yang cukup tanpa filter. Saat orangtua membuat mereka sadar atau menyebutnya aneh atau mengabaikan cerita anak, mereka mulai memisahkan diri. Yang perlu Mom pelajari hanyalah mendengarkan anak, tanpa menilai pengalaman mereka atau menanggapi dengan pernyataan yang akan meniadakan perasaan mereka.

3. Kuat

Sebagai seorang ibu, Mom dapat ditantang oleh orang-orang di sekitar, seseorang yang menyakiti anak, itu bisa berupa penyakit atau nilai yang buruk. Terkadang, anak ] juga bisa melukai perasaan Mom dengan mengatakan ini atau itu dalam sebuah pertengkaran.

Menjadi kuat itu tidak mudah. Tapi sayang, kualitas tunggal ini dapat membantu Mom melindungi anak dan diri Mom sendiri dari semua kesulitan, besar dan kecil. Itu tidak berarti bahwa Mom tidak boleh meneteskan air mata atau tidak pernah merasa takut. Semua ini wajar, tetapi kuncinya adalah menghadapi tantangan secara langsung dengan memiliki keyakinan pada kemampuan Mom.

5. Rendah Hati

Orangtua sering kali dapat mengembangkan rasa superioritas dan kebanggaan, terutama dalam hubungan mereka dengan anak-anak mereka. Tetapi sebagai orangtua, Mom akan membuat kesalahan. Yang membedakan Mom adalah cara Mom menanganinya. Jika Mom memilih menyangkal dan tidak pernah meminta maaf kepada anak-anak, cepat atau lambat, mereka akan mengambil kebiasaan ini dari Mom.

Jika Mom mengharapkan anak untuk mengakui kesalahan mereka dan berterus terang, maka Mom harus mempraktikkannya juga. Anak tidak mengharapkan Mom untuk menjadi gambar yang sempurna, kecuali jika Mom memproyeksikan diri untuk menjadi satu. Perhatikan bahwa sebagai orangtua, pertengkaran dengan anak seharusnya bukan tentang siapa yang menang, dan Mom tidak akan menjadi orangtua yang salah jika Mom menerima kesalahan, besar atau kecil.

Mendukung Anak

Kualitas lain yang menantang untuk dimiliki adalah menjadi ibu yang suportif. Seringkali Mom akan melihat anak membuat pilihan dan keputusan yang tidak sesuai dengan keputusan Mom. Namun, selama mereka tidak membahayakan diri mereka sendiri atau orang lain atau terluka, penting untuk membiarkan mereka pergi sedikit dan belajar dari pilihan dan pengalaman mereka sendiri.

Tentu saja, sebagai orangtua, tugas kita juga untuk membimbing mereka menuju nilai-nilai yang baik dan kualitas penting lainnya untuk membesarkan mereka. Pastikan Mom tidak berlebihan dan tidak mengontrol perjalanan mereka.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading