Sukses

Parenting

Tips Menjadi Seorang Ibu yang Baik untuk Buah Hati

Fimela.com, Jakarta Menjadi seorang Mom baru adalah salah satu kegiatan bagi perempuan yang pertama kali melahirkan seorang bayi. Kegiatan baru yang mungkin akan dilakukannya yaitu mempelajari cara-cara praktis tentang menjadi baik untuk buah hatinya. Berikut ini beberapa tips untuk menjadi Mom yang baik untuk buah hatinya.

Jaga Kesehatan Buah Hati

Menjadi seorang Mom akan selalu mengutamakan kesehatan anak. Melindungi kesehatan si kecil perlu dilakukan, jangan menganggap remeh masalah ini. Tingkatkan kesehatan dengan memberikan asupan makananm yang bergizi, tidur yang cukup, serta memberi ruang bermain yang aman dan nyaman.

Luangkan Waktu untuk Buah Hati

Sebagai seorang Mom, harus selalu ingat bahwa tanggung jawab utama saat ini adalah membesarkan anak. Jika disibukkan dengan pekerjaan, sebaiknya luangkan waktu untuk mengurus si kecil secara pribadi, menjalin ikatan dengan mereka secara teratur dan hadir di saat anak sedang membutuhkan kita.

Batasi Paparan Gadget untuk Buah Hati

Sebagian besar anak-anak sekarang terjebak dengan ponsel, komputer dan tablet yang mungkin membahayakan kesejahteraan mereka. Fenomena ini disalahkan para ahli sebagai salah satu penyebab obesitas, terampilan sosial yang buruk dan bahkan masalah mental seperti depresi. Hal ini terjadi pada anak-anak generasi Z. Marilah hentika hal ini pada anak dengan membatasi gadget dan paparan internet, sebagai alternatifnya ajaklah anak untuk bertemu dengan teman sebayanya, lebih banyak bermain di luar ruangan, dan berpartisipasi kegiatan fisik lainnya.

Bersikap Tegas

Sama halnya dalam menjalankan sistematis organisasi, Mom perlu memiliki ketegasan. Ini dapat membantu untuk mendisiplinkan anak dan melatih mereka untuk bertanggung jawab. Misalnya dengan menetapkan aturan menonton televisi selama jam belajar, sehingga membuat anak dapat fokus pada belajar dan pendidikan. Memiliki jam malam, terutama untuk anak di bawah umur.

Ajarkan untuk Bersikap Hormat

Sikap baik dan sopan dapat diajarkan melalui orang tua dan lingkungan sekitarnya. Mengajarkan anak untuk menghormati orang yang lebih tua perlu diterapkan pada anak. Ini akan menjadi bekal ia ketika tumbuh dewasa kelak.

Berikan Kesempatan untuk Berkembang

Membanggakan memang jika memiliki seorang anak yang selalu berada pada puncak kelas atau mendapatkan juara kelas. Namun, tidak semua anak memiliki kecenderungan akademis. Jika menekan mereka untuk mendapatkan skor sempurna, mungkin hal ini akan membuatnya menjadi membenci sekolah. Tak perlu menggunakan penekanan yang membuat anak semakin frustasi, mungkin dengan memberikan penjelasan secara halus dan dorongan akan membuatnya semakin semangat untuk belajar.

Berikan Kesempatan untuk Mengembangkan Diri

Untuk membantu anak mencapai potensinya, orang tua perlu untuk mendukung semangat dan bakat yang mereka miliki. Mungkin dengan mengajaknya bergabung dengan klub yang mungkin ia minati.

Melatih untuk Bertanggung Jawab

Sedini mungkin untuk melatih anak untuk bertanggung jawab. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan mengajarkan dan menugaskan mereka dengan memberikan tanggung jawab tugas rumah. Mom harus mendorong mereka untuk memiliki kebiasaan belajar dan menyerahkan persyaratan sekolah mereka tepat waktu.

Ajarkan untuk Mencintai Tuhan

Ajarkan nilai-nilai agama pada anak. Ajarkan untuk beribadah, membaca doa-doa dan melakukan kebaikan yang telah dianjurkan oleh agama. Hal ini juga membentuk karakter anak untuk meningkatkan keimanan mereka. 

Yang dibutuhkan anak adalah cinta dari kedua orang tuanya. Selama anak merasa dicintai, ia akan merasa lebih aman, lengkap dan percaya diri. Selalu ajarkan kebaikan kepada anak-anak, untuk bekal ketika ia memasuki usia dewasa kelak.

#Changemaker

Loading