Sukses

Parenting

7 Fakta Menarik Bayi yang Baru Lahir, Orang Tua Wajib Tahu

Fimela.com, Jakarta Kelahiran buah hati ke dunia menjadi kebahagiaan tersendiri buat setiap orang tua dan keluarga besar keduanya. Banyak hal menakjubkan dan mengesankan yang bisa kita tahu dari bayi baru lahir. Mengutip dari laman webMD.com, ada beberapa fakta menarik dari bayi baru lahir. Sekian fakta menarik ini sangat penting orang tua tahu agar tidak cemas, panik dan keliru dalam merawat bayi. Berikut beberapa fakta menarik tersebut.

1. Bayi Suka Menghadap Ke Kanan

Fakta pertama dari bayi baru lahir adalah bayi suka menghadap ke arah kanan. Penelitian menemukan jika kurang dari 15 persen bayi yang suka menghadap ke kiri. Selebihnya sangat suka meghadap ke arah kanan.

2. Bayi Tidak Mengeluarkan Air Mata Saat Menangis

Bayi baru lahir tidak mengeluarkan air mata saat menangis. Dalam beberapa hari usianya, bayi mungkin akan menangis sangat kencang tapi tanpa keluar air mata sedikitpun. Ini mengingat bahwa saat bayi, ia hanya memiliki sangat sedikit air mata.

3. Bayi Laki-laki Bisa Mengalami Ereksi

Meski masih bayi, umumnya bayi laki-laki bisa mengalami ereksi. Saat kita tak sengaja menyentuh organ intimnya, tidak jarang hal ini akan membuat organ intim bayi ereksi. Ereksi juga terjadi ketika bayi hendak buang air kecil.

4. Mudah Terkejut

Bayi mudah terkejut karena hal-hal di sekitarnya. Bayi juga sangat mudah merasa takut akan suara keras, suara bising, aroma yang terlalu kuat, cahaya yang terlalu terang hingga takut pada suara tangisannya sendiri.

5. Tinja Bayi Tidak Berbau dan Berwarna Gelap

Saat pertama kali buang air besar, tinja bayi umumnya tidak berbau. Warna tinja juga akan cenderung lebih gelap. Hal ini adalah sesuatu yang umum terjadi dan orang tua tak perlu panik.

6. Memiliki Banyak Sel Otak

Bayi baru lahir memiliki lebih banyak sel otak. Bayi terlahir dengan neuron dengan jumlah lebih dari 100 triliun dan terus berkembang seiring bertambahnya usia bayi. Pada usia 1 tahun, otak bayi akan bertambah besar hingga dua kali lipat. Itulah yang membuatnya memiliki daya ingat dan kecerdasan yang mengesankan. Inilah yang kemudian membuat bayi dikatakan berada dalam usia emas.

7. Bayi Memiliki Payudara

Bayi baru lahir memiliki payudara yang lebih besar dan menonjol. Beberapa juga terdapat air susu dalam payudaranya. Ini merupakan sesuatu yang normal. Hal ini disebabkan karena bayi menyerap hormon estrogen. Meski begitu, untuk bayi laki-laki, payudaranya akan mengecil seirisng bertambahnya usia bayi. 

Itulah sekian fakta menarik dari bayi baru lahir yang penting orang tua ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading