Sukses

Parenting

5 Tanda yang Biasanya Muncul saat Hamil selain Telat Haid

Fimela.com, Jakarta Telat haid biasanya menjadi salah satu pertanda mengalami kehamilan. Selain itu, seorang perempuan yang hamil biasanya akan merasakan sejumlah pertanda. Tanda-tanda ini meliputi hal-hal yang dirasakan berbeda oleh tubuh.

Berikut ini ada lima tanda-tanda yang umumnya muncul dan dirasakan saat perempuan hamil. Mengutip buku Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, tanda-tanda ini memang tidak selalu benar tapi bisa menjadi tambahan referensi info yang bermanfaat soal tanda-tanda kehamilan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Insting yang Makin Kuat

Beberapa perempuan biasanya sudah bisa merasakan bahwa dirinya sudah hamil walau baru saja telat hadi dalam 5-10 hari. Insting yang cukup kuat ini dirasakan karena pengaruh perubahan hormon, yaitu meningkatnya hormon progesteron dan hadirnya hormon Human Chronic Gonadotropin yang dihasilkan oleh jaringan janin.

2. Mual dan Muntah

Mual muntah di pagi hari (morning sickness) juga bisa menjadi tanda adanya kehamilan. Penyebab gejala ini belum diketahui secara pasti tapi diduga karena naiknya beberapa hormon kehamilan yang memengrauhi metabolisme di hepar.

3. Keluhan Kencing

Apakah frekuensi kencing meningkat? Apakah rasa ingin kencing makin intens? Keluhan kencing juga menjadi salah satu tanda umum kehamilan. Hal ini karena posisi kandung kemih berada tepat di depan rahim yang mulai membesar. Kandung kencing akan mulai terdesak oleh rahim sehingga menyebabkan keluhan kencing yang memberi rasa tidak nyaman.

4. Mastodinia

Payudara terasa lebih kencang dan sakit dari baisanya. Bahkan terasa nyeri saat disentuh. Hal ini disebabkan karena aliran pembuluh di payudara yang meningkat dan saluran-saluran payudara membesar.

5. Rasa Pahit di Lidah

Karena pengaruh hormon kehamilan yang mulai beranjak naik, indra pengecap ikut terpengaruh. Muncul rasa pahit di lidah atau seperti "rasa besi" dan keluarnya air liur yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Bahkan makanan yang awalnya disukai bisa mendadak terasa hambar.

Tentu saja untuk memastikan adanya kehamilan atau tidak perlu memeriksakan diri ke dokter atau bidan. Semoga info ini bisa memberi sedikit gambaran soal tanda kehamilan yang bermanfaat.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading