Sukses

Parenting

5 Cara agar ASI Keluar Lancar dan Banyak

Fimela.com, Jakarta Dalam upaya memberi ASI eksklusif, satu hal yang kadang membuat ibu merasa tertekan adalah memastikan ASI lancar dan keluar banyak. Menyusui si kecil perlu dilakukan secara berkala. Biasanya dalam sehari, si kecil perlu menyusu sebanyak 12 kali. Untuk mengupayakan ASI lancar dan banyak, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan.

Mengutip buku Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, prinsip produksi ASI adalah semakin sering menyusui, ASI akan semakin banyak dan semakin lancar. Ada dua hormon yang berperan dalam proses produksi ASI, yaitu oksitosin dan prolaktin. Untuk memacu kedua hormon tersebut, ada sejumlah cara sederhana yang bisa diupayakan seperti hal-hal berikut ini.

1. Memandang Bayi dengan Penuh Kasih Sayang

Saat menyusui si kecil, pandangi wajahnya dengan penuh kasih sayang. Memandang bayi sangat berkolerasi dengan peningkatan hormon oksitosin. Ketika si kecil menangis pun, tak perlu panik. Suara tangisan bayi bisa memacu hormon oksitosin ibu.

2. Optimalkan Sucking Reflects

Sucking reflects adalah isapan mulut bayi saat menyusu. Saat mulut bayi menyusu atau menetek, isapan pada puting ibu bisa secara otomatis meningkatkan produksi hormon oksitosin dan prolaktin pada tubuh ibu. Agar sucking reflects optimal, pastikan posisi menyusui juga sudah benar. Tingkatkan juga rasa percaya diri karena rasa percaya diri yang tinggi bisa memicu produksi oksitosin yang lebih banyak.

 

 

3. Menyusui dengan Satu Payudara Dulu Sampai Habis

Cara ini bisa memacu produksi prolaktin lebih banyak. Susui bayi dengan satu payudara dulu sampai habis, lalu baru ganti dengan payudara satunya. Jadi, bukan langsung berganti ke payudara sebelahnya sebelum ASI payudara yang disusukan habis.

4. Maksimalkan Menyusui Bayi pada Malam Hari

Meneteki bayi pada malam hari bisa memacu produksi prolaktin. Walau mungkin ibu sudah sangat lelah pada malam hari, tapi tetap upayakan untuk menyusui bayi sebaik mungkin saat malam.

5. Sebisa Mungkin Hindari Memberi ASI dengan Botol

Bagi ibu yang bekerja, hal ini mungkin sulit dilakukan. Namun, bila ingin memastikan produksi prolaktin maksimal, utamakan menyusui bayi secara langsung. Hal ini juga berkaitan dengan sucking reflects yang bisa bantu mengoptimalkan produksi hormon oksitosin dan prolaktin ibu.

Itu tadi lima hal yang bisa diupayakan agar ASI lancar dan banyak. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading