Sukses

Parenting

5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Perubahan Mood setelah Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan, ada perjalanan dan fase hidup baru yang akan dijalani seorang ibu. Berbagai perubahan pun akan dirasakan. Salah satunya adalah perubahan mood setelah melahirkan.

Kondisi mood atau suasana hati yang sulit digambarkan pasca persalinan ini disebut baby blues. Mengutip buku Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, delapan dari sepuluh ibu melahirkan merasakan baby blues. Saat mengalami baby blues, perasaan dan suasana hati bisa sangat tak menentu. Untuk mengetahui lebih jauh tentang baby blues, berikut ini lima hal yang perlu diketahui.

1. Disebabkan oleh Perubahan Hormon

Baby blues diduga disebabkan perubahan hormon yang terjadi seminggu pasca persalinan. Dari keadaan saat kehamilan menuju keadaan normal sebelum hamil, tubuh akan berusaha menyesuaikan dengan perubahan hormon yang terjadi. Perubahan hormon adrenalin yang turun secara drastis diduga kuat menjadi pemicu baby blues.

2. Rasa Lelah Juga Memengaruhi

Setelah melahirkan, ibu akan makin sibuk dengan merawat dan mengurus bayi. Rasa lelah yang bertambah bisa memperberat kecemasan yang dirasakan. Khususnya pada minggu pertama kelahiran bayi, ibu akan mengalami kondisi yang cukup melelahkan secara mental hingga fisik.

 

 

3. Biasanya Menghilang Sekitar 3 Pekan Pasca Persalinan

Baby blues biasanya akan pelan-pelan berkurang dan menghilang sekitar tiga pekan pasca persalinan. Kalau kondisi baby blues masih dirasakan dan tak kunjung menghilang setelah empat pekan pasca persalinan, ada baiknya untuk mencari bantuan profesional. Periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan dan perawatan yang tepat.

4. Adanya Risiko Depresi Pasca Persalinan

Kondisi baby blues yang berlanjut perlu diwaspadai. Sebab kondisi ini rawan terjadinya postpartum depression atau depresi pasca persalinan. Kalau kondisi baby blues makin mengganggu aktivitas dan kesehatan mental, sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

5. Perasaan yang Hadir Bisa Campur Aduk

Perasaan yang dialami ibu pasca persalinan yang mengarah pada baby blues bisa campur aduk. Ada rasa khawatir, cemas, tak bisa berkonsentrasi, capek, dan lelah yang sulit dideskripsikan. Perasaan murung pun kadang muncul tanpa tahu sebab yang pasti.

Itu tadi lima hal penting yang perlu diketahui tentang baby blues. Semoga bisa jadi informasi yang bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading