Sukses

Parenting

4 Manfaat Menyusui Bayi pada Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Menyusui bisa cukup melelahkan bagi ibu. Meskipun begitu, pengalamannya bisa menghadirkan kehangatan dan kebahagiaan tersendiri. Apalagi kedekatan dan ikatan ibu-anak bisa terjalin makin kuat dalam fase menyusui ini.

Biasanya yang paling dikhawatirkan ibu saat memberi ASI adalah produksi ASI yang tidak lancar. Untuk itu, perlu sejumlah upaya agar bisa mengusahakan ASI bisa lancar. Salah satunya adalah menyusui si kecil pada malam hari. Menyusui pada malam hari bisa memberi sejumlah manfaat, seperti empat hal berikut ini.

1. Produksi ASI Makin Banyak

Mengutip buku Parenting tanpa Galau, kadar prolaktin lebih tinggi di malam hari. Prolaktin adalah hormon yang menjaga suplai ASI. Makin banyak prolaktin, makin banyak juga ASI yang diproduksi oleh tubuh.

2. Meregulasi Suplai ASI

Setiap kali bayi menyusu, tubuh ibu akan mendapatkan sinyal untuk terus memproduksi ASI. Ini juga dikenal dengan supply and demand. Produksi ASI meningkat jika ibu sering menyusui bayi.

 

 

3. Meningkatkan Suplai ASI

Enam pekan pertama setelah persalinan menjadi momen yang krusial untuk meningkatkan suplai ASI. Maka dari itu, ibu perlu mengusahakan mengatur waktu yang baik untuk bisa menyusui pada malam hari agar suplai ASI meningkat.

4. Tumbuh Kembang Bayi Lebih Optimal

Bayi mengonsumsi 20% ASI pada malam hari. Sehingga tumbuh kembang bayi yang menyusu pada malam hari bisa lebih optimal. Manfaat menyusui pada malam hari sangat baik untuk ibu juga si kecil.

Cukupi juga kebutuhan gizi dan nutrisi ibu selama masa menyusui agar tidak kecapekan atau kelelahan saat memberi ASI pada malam hari. Semoga info ini bisa jadi referensi yang bermanfaat, ya.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading