Sukses

Parenting

7 Tips Menjaga Kehamilan saat Mengandung Bayi Kembar, Tak Sembarangan ya Mom!

Fimela.com, Jakarta Mengandung anak kembar adalah sebuah kejutan yang membuat sebagian besar calon orangtua merasa sangat bahagia. Tentunya, sama seperti menjaga kehamilan pada umumnya, hanya saja menjaga kehamilan bayi kembar diperlukan banyak perjuangan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Mom menjaga kehamilan bayi kembar. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Konsumsi Makanan Sehat

Nutrisi yang tepat adalah aspek yang paling penting dari perawatan kehamilan kembar. Seorang perempuan hamil idealnya harus mengonsumsi banyak vitamin dan mineral yang diperlukan. Mom juga perlu minum cukup air sepanjang hari.

2. Pahami Risikonya

Risiko melahirkan prematur atau operasi caesar lebih tinggi pada bayi kembar. Itu sebabnya perempuan dengan anak kembar dimasukkan ke dalam kategori berisiko tinggi, tetapi ini tidak berarti sesuatu yang menakutkan akan terjadi. Hanya saja, Mom perlu lebih berhati-hati jika dibandingkan dengan ibu dengan kehamilan tunggal. Dokter akan dapat memberi tahu Mom tentang hal ini.

3. Jangan Cemas Tentang Kenaikan Berat Badan

Pastikan Mom mengonsumsi makanan bergizi yang cukup untuk memenuhi jumlah kalori yang diperlukan. Jangan stres karena berat badan akan bertambah, Mom bisa menurunkannya setelah melahirkan.

4. Sistem Pendukung akan Membantumu

Memiliki anak kembar bisa menghadapi banyak ketidakstabilan fisik, emosional, dan mental. Apakah itu keluarga atau teman, kamu harus tetap berada di sekitar orang yang akan membantu Mom selama ini.

5. Banyak Beristirahat

Memiliki anak kembar memang melelahkan secara emosional dan fisik. Ingatlah untuk banyak istirahat dan tetap positif dan bebas stres.

6. Tetap Aktif

Melakukan yoga atau latihan umum setiap hari akan membantu Mom menghindari nyeri sendi dan punggung. Tapi ingat untuk berolahraga hanya dalam jumlah sedang dan setelah bimbingan dari dokter.

7. Perhatikan Posisi Tidur

Posisi terbaik untuk tidur pada kehamilan kembar adalah menyamping karena membantu meningkatkan aliran darah ke jantung, yang penting untuk si kecil.

Nah, meskipun sama dengan kehamilan tunggal, Mom juga perlu memperhatikan setiap asupan dan aktivitas yang baik dilakukan untuk hamil. Hindari kelelahan dan makanan atau minuman yang bisa membahayakan janin, ya!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading