Sukses

Parenting

Manfaat Memeluk Anak, Bantu Meningkatkan Tumbuh Kembangnya

Fimela.com, Jakarta Sudahkah Mom memeluk buah hati hari ini? Berapa kali dalam seminggu Mom memeluk buah hati dan memberikan kehangatan serta kenyamanan buatnya? Studi menemukan jika pelukan dari orang tua ke anaknya memberikan manfaat positif. Pelukan yang diberikan secara tulus akan membantu meningkatkan tumbuh kembang anak. Ini juga sangat memungkinkan anak memiliki rasa percaya diri tinggi dalam dirinya. 

“Pelukan merupakan simbol cinta dan afeksi dan merupakan cara yang mudah untuk menunjukkan emosi positif," kata Diane Franz, PhD, direktur psikologi di Children’s Hospital New Orleans. Mengutip dari laman verywell family, pelukan bisa dilakukan di berbagai situasi dari bangun tidur, sebelum tidur, ketika memberi salam, ketika anak terjatuh, ketika anak mendapatkan prestasi tertentu atau bahkan ketika anak sedang bermain.

Anak Merasa Nyaman Saat Dipeluk

Para ahli menyebutkan jika anak-anak merasa nyaman ketika dirinya dipeluk. Anak-anak lebih suka dipeluk dibandingkan mereka yang sudah beranjak remaja atau dewasa. Manfaat memeluk anak dan besentuhan fisik secara langsung dengannya, membantu anak memiliki daya tahan tubuh lebih baik. 

Kehangatan dari pelukan bisa menstabilkan suhu tubuh anak. Para ahli juga mengungkapkan jika pelukan bantu mencegah adanya masalah pada sistem pernafasan, mengurangi tangisan dan menaikkan berat badan. Robyn Rausch, LPC-S, RPT-S, supervisor konseling profesional berlisensi dan terapis bermain terdaftar yang menjalankan platform bernama Calming Communities, mengatakan, “Pelukan penting bagi setiap orang. Tapi ini menjadi lebih penting bagi anak-anak karena otaknya berkembang secara aktif.”

Psikologis Anak Lebih Baik dengan Pelukan

Anak akan memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik ketika ia sering mendapat pelukan dari orang tuanya. Anak-anak akan merasa bahagia, berharga dan dicintai ketika orang tua rutin memeluknya. Meski tidak ada jumlah pasti berapa kali anak harus dipeluk setiap harinya, tapi beberapa ahli mengungkap jika setidaknya anak memerlukan pelukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari. 

Berpelukan melepaskan oksitosin pada anak-anak. Ini juga menekan kortisol (hormon stres). Oksitosin membuat seseorang merasa terhubung dengan orang-orang penting dalam hidupnya. Inilah yang kemudian membuat anak merasa lebih tenang, nyaman, bahagia dan bertambah percaya diri. Yuk Mom, sering-sering beri pelukan penuh cinta dan kasih sayang ke anak demi memaksimalkan tumbuh kembangnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading