Sukses

Parenting

Peringati Hari Ibu, Ini 4 Cara Bahagia Jalani Peran Sebagai Seorang Ibu Menurut Ahli

Fimela.com, Jakarta Menjalani peran sebagai seorang ibu memang tidak mudah. Seorang ibu bertanggung jawab untk mendidik dan memastikan tumbuh kembang anaknya berjalan dengan maksimal.

Peran dan tanggung jawab ini dijalani oleh seorang perempuan bahkan sejak bayi masih di dalam kandungan. Saat fase tumbuh kembang, anak akan belajar kemampuan sosial dan emosional dari ibunya.

Untuk itu, keberhasilan parenting dan pendidikan karakter seorang anak dimulai dari ibu yang bahagia. Apabila seorang ibu merasa bahagia, ia dapat menjalankan perannya dengan emosi yang stabil.

Menurut Coach Pris, CEO Stress Management Indonesia, ketika seorang Ibu bahagia, Ia akan dapat menerima kondisi anaknya dan berusaha untuk mengoptimalkan potensinya. Maka dari itu penting buat para ibu untuk menjaga mood tetap bahagia, terutama jelang peringatan Hari Ibu. Namun bagaimana caranya?

 

1. Tidur yang nyenyak

Saat kita kurang tidur, akan lebih sulit untuk mengendalikan emosi kita, jadi kita cenderung bereaksi daripada menanggapi situasi dengan tepat. Insomnia kronis memunculkan segala macam masalah kesehatan dan otak. Mungkin para ibu tidak mendapatkan waktu tidur yang banyak, tapi dengan waktu yang ada bisa meningkatkan kualitas tidur meski hanya tidur beberapa jam.

 

2. Meditasi untuk menenangkan pikiran

Meditasi adalah cara yang bagus untuk bersantai dan memulihkan tenaga. Mengambil waktu istirahat, bahkan hanya beberapa menit, untuk berkonsentrasi pada pernapasan sambil mengesampingkan kekhawatiran dapat membantu ibu untuk fokus pada hal-hal penting dalam hidup terutama sang buah hati.

Lebih lanjut, ibu juga bisa mengikuti program Meditasi Menguasai Pikiran dari Stress Management Indonesia. Melalui program tersebut, Moms bisa coba meditasi yang akan menenangkan emosi dan membantu menguasai pikiran.

 

3. One Page Miracle

Dengan menentukan dan menuliskan apa yang penting bagi ibu di atas kertas, seperti parenting goals atau cita-cita buah hati, dapat membuat ibu lebih fokus pada tujuan. Hal tersebut bisa membantu ibu untuk lebih mudah mencapai parenting goals. Dengan kegiatan menulis tersebut, ibu juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, mengurangi kecemasan, dan pastinya merasa lebih bahagia.

 

4. Kenali jenis otak ibu dan buah hati

Tahukah kamu kalau ternyata kondisi otak setiap orang itu berbeda lho! Ada lebih dari satu pola otak yang terkait dengan kepribadian dan kesehatan mental. Mengetahui tipe otak ibu serta buah hati dapat membantu ibu lebih mengenal diri sendiri dan buah hati sehingga bisa menjadi lebih percaya diri.

Ibu bisa mencoba BASIC Brain Discovery dari Stress Management Indonesia untuk mengetahui tipe otak ibu serta buah hati yang mencerminkan potensi diri. Setelah menemukan kembali diri, semoga ibu terlindungi dari bad day.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading