Sukses

Parenting

Studi: Bayi Lahir Prematur Bisa Tumbuh dan Berkembang dengan Baik

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian besar orang tua, kelahiran bayi prematur di keluarga kecilnya sering kali bikin khawatir. Tidak sedikit orang tua yang cemas akan tumbuh kembang buah hatinya yang lahir prematur di masa depan. Akankah buah hatinya bisa tumbuh dan berkembang seperti anak-anak lainnya? Atau, akan ada kendala pada tumbuh kembangnya? 

Mengutip dari laman liputan6.com, bayi prematur memang tak sama dengan bayi yang lahir dengan cukup bulan. Meski begitu, bayi prematur masih tetap memiliki potensi kuat untuk tumbuh dan berkembang baik. Bahkan, pertumbuhan dan perkembangannya bisa lebih baik dari anak-anak yang lahir dengan cukup bulan.

Perlu Perawatan dan Pemantauan Lebih

Dalam merawat dan memantau tumbuh kembang anak yang lahir prematur, memang membutuhkan perawatan lebih. Perawatan dan pemantauan ini harus dilakukan lebih banyak oleh orang tua. 

Mom dan ayah yang punya buah hati dengan kelahiran prematur, sangat penting bagi keduanya untuk terus memantau kondisi buah hati dari hari ke hari. Penting juga untuk memberikan asupan nutrisi terbaik untuknya. Ini agar anak tidak tertinggal dengan anak-anak yang lahir normal lainnya. 

Rinawati Rohsiswarmo, dokter spesialis anak konsultan neonatalogi mengatakan, “Setiap milestone, setiap usia itu mempunyai kekhususan sendiri-sendiri, di mana dia harus dinilai. Itu di awal-awal akan dilihat apakah ini (kondisi anak) sudah cukup baik.”

Konsultasikan Tumbuh Kembang Anak dengan Ahlinya

Demi optimalnya tumbuh kembang buah hati, jangan ragu untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter ahlinya. Para ahli mengungkapkan, jika penting bagi orang tua melakukan konsultasi tumbuh kembang anak dengan kelahiran prematur terutama di 6  bulan pertama usianya. Tujuan konsultasi ini untuk melakukan skrining pada proses tumbuh kembang anak. 

Mengingat pengaruh kesehatan ibu cukup besar terhadap kelahiran anak, Mom sangat penting memperhatikan kesehatan sebelum merencanakan kehamilan. Selama hamil, Mom juga harus menjaga kesehatan, menutrisi tubuh dengan baik dan menjaga kehamilan dengan lebih bijak. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading