Sukses

Parenting

8 Tips yang Dapat Membantu Bayi Prematur Capai Berat Badan Ideal

Fimela.com, Jakarta Bayi yang lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu dianggap sebagai bayi prematur. Kondisi fisik dari bayi prematur ini memiliki banyak kendala untuk diatasi, terutama dalam hal pemenuhan nutrisi. Dengan demikian, penambahan berat badan sangat penting untuk diperhatikan karena ini berkaitan langsung dengan kesehatan dan perkembangannya.

Orangtua dari bayi prematur memiliki banyak hal dan tantangan yang harus dihadapi. Dari saat bayi lahir, merawatnya, membawanya pulang, dan menindaklanjuti setiap perkembangan dan pencapaiannya. Salah satu bagian utama dari menjaga bayi prematur adalah untuk memastikan bahwa berat badan bayi terus bertambah. 

Berat lahir sangat signifikan karena merupakan indikasi peluang mereka untuk bertahan hidup. 90% bayi dengan berat setidaknya 800 gram memiliki peluang lebih tinggi untuk bertahan hidup. 

Berat badan bayi prematur jauh lebih rendah daripada bayi yang lahir ketika cukup bulan. Bagi bayi prematur yang sudah sangat kurus, penurunan berat badan lebih lanjut bisa sangat berbahaya, terutama karena laju kenaikan berat badan mereka juga lebih lambat daripada bayi cukup bulan, yakni hanya sekitar 5 gram sehari. 

Maka dari itu, perlu adanya upaya khusus bagi bayi prematur dalam menjaga dan meningkatkan berat badannya terutama dalam masa awal kehidupannya. Melansir dari Neolacta.com dan mylittlemoppet.com pada Sabtu (21/8), berikut 8 tips untuk menambah berat badan bayi prematur. Simak ulasan selengkapnya.

Menyusui secara langsung

Menyusui secara langsung melalui payudara adalah hal yang terbaik bagi semua bayi, khususnya bayi prematur, karena memiliki banyak kalori dan nutrisi, serta antibodi untuk menjaga bayi aman dari infeksi. 

Dalam hal ini, bayi prematur yang menyusu secara langsung, akan lebih mudah daripada menyusu dari botol karena bayi dapat mengontrol aliran ASI. Aliran yang tidak terkontrol dari botol dapat menyebabkan bayi tersedak. Selain itu, isapan aktif pada payudara akan merangsang kelenjar susu untuk memproduksi lebih banyak ASI dan dapat memenuhi kebutuhan bayi. 

Berikan susu formula tambahan

Bayi prematur tak berkembang sesuai dengan waktu yang seharusnya, sehingga mereka biasanya kekurangan beberapa nutrisi yang seharusnya didapatkan saat dirinya masih di kandungan. 

Berikan susu formula tambahan khusus untuk bayi prematur karena biasanya susu ini telah dirancang khusus dengan mengandung vitamin dan mineral penting yakni zat besi dan vitamin D yang akan membantu mereka mencapai tingkat nutrisi, dan memungkinkan kenaikan berat badan yang stabil.

Buat jadwal dalam memberikan susu

Seorang yang baru saja menjadi ibu sering disarankan untuk memberi susu pada bayi sesuai dengan permintaan, tetapi dalam kasus bayi prematur, disarankan untuk memberi makan sesuai jadwal. 

Bayi prematur mungkin tidak memberikan sinyal kuat bahwa mereka lapar, yang merupakan salah satu alasan agar orangtua harus memberinya jadwal mereka makan. Beberapa bayi mungkin merasa tidak nyaman saat lapar dan sedikit bergerak, maka dari itu, untuk mengetahui apakah bayi mendapatkan cukup ASI adalah dengan memeriksa apakah ia memiliki sekitar 6-8 popok basah sehari. 

Berikan praktik mengisap non-gizi

Mengisap saat menyusui adalah hal yang cukup sulit bagi bayi baru lahir, terutama bagi para bayi prematur. Bayi dengan masalah pernapasan mengalami kesulitan mengisap dari payudara.

Maka dari itu, salah satu cara untuk mendorong mereka belajar mengisap adalah dengan menggunakan dot (pacifier) yang kosong.

Skin to skin contact

Kontak skin to skin adalah cara yang sangat efektif untuk membantu bayi prematur menjadi lebih kuat dan mempertahankan kenaikan berat badan yang baik. Pertama, itu membuat mereka tetap hangat sehingga mereka tidak perlu menghabiskan energi untuk mengatur suhu tubuh mereka. 

Hal itu juga yang membuat mereka nyaman dan aman, semua faktor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang sehat. Tidur bersama juga dianjurkan, dan ini meningkatkan keberhasilan dalam menyusui. Faktanya, berada di dekat ibu dan ayah akan menstabilkan detak jantung bayi dan meningkatkan kualitas tidur. 

Pijat bayimu

Memijat bayi adalah sesuatu yang dilakukan secara turun temurun. Memijat bayi memiliki banyak manfaat, termasuk memastikan pertumbuhan dan penambahan berat badan yang baik. Bayi rematur juga dapat memperoleh manfaat dari pijatan ringan menggunakan usapan yang lembut. Hal ini juga dapat membantu mereka untuk tidur lebih nyenyak. 

Saat menggunakan minyak pijat untuk bayi prematur, dianjurkan untuk mengonsultasikan terlebih dahulu karena keadaan diri bayi prematur sangat sensitif. Bayi prematur dapat dipijat hingga dua kali sehari, tergantung pada saran dokter. 

Sterilkan semua peralatan bayi

Bayi prematur memiliki sistem kekebalan yang masih sangat rentan dan kurang berkembang, hal itulah yang menyebabkan bayi prematur memerlukan banyak perawatan. Infeksi apapun dapat menyebabkan penurunan berat badan. Pastikan semua botol, dot, sendok, dan peralatan lainnya yang digunakan bayi, serta semua bagian pompa ASI untuk dicuci dan disterilkan. 

Periksa bayimu secara rutin

Periksakan bayi pada setiap janji temu yang telah ditentukan, dan ikuti instruksi dokter pada surat kontrol tersebut. Dokter akan mengevaluasi bayi dan melihat apakah ia tumbuh dengan baik. Jangan ragu pula untuk bertanya kepada dokter tentang perkembangan bayi. 

Ingat, bahwa bayi prematur tidak bisa dibandingkan dengan bayi cukup bulan pada usia yang sama. Selalu pantau perkembangan mereka, dan rawat mereka dengan sabar, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi anak yang kuat, sehat, dan bahagia dengan kehidupan normal di kemudian hari. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Meningkatkan Berat Badan Bayi dalam Kehidupan Satu Tahun Pertama
Artikel Selanjutnya
5 Makanan yang Harus Dihindari agar Berat Badan Tetap Ideal