Sukses

Parenting

5 Penyebab Umum Bayi Rewel saat Disusui

Fimela.com, Jakarta Menyusui si kecil bisa menjadi momen untuk membangun ikatan dan kedekatan emosional. Hanya saja kadang menyusui bisa cukup menguras emosi dan tenaga. Khususnya ketika bayi malah menangis dan rewel saat disusui.

Sebelum makin panik atau bingung menghadapi bayi yang rewel saat disusui, kita perlu mengenali sejumlah penyebab umumnya. Dengan mengetahui penyebabnya, setidaknya kita bisa berusaha lebih baik untuk membuat bayi kembali tenang dan bisa menyusui dengan lebih nyaman. Melansir laman momjunction.com, hal-hal ini yang umumnya menjadi penyebab si kecil rewel atau menangis saat disusui.

1. Produksi ASI yang Tidak Lancar

Bayi bisa rewel saat produksi ASI ibu tidak lancar. ASI yang terlalu sedikit atau terlalu banyak bisa membuat bayi kesulitan dalam menyusui. Bahkan membuatnya merasa tak nyaman. Sehingga membuatnya jadi rewel atau menangis saat disusui.

2. Ingin Sendawa

Ibu perlu jeli dan peka memerhatikan apakah si kecil sudah kenyang atau belum. Selain itu, perlu berusaha untuk membantu si kecil bersendawa. Ketika sedang menyusu dan butuh sendawa, bayi bisa menangis karena tak nyaman. Biasanya ini terjadi di awal-awal masa menyusui.

3. Sedang Tidak Lapar

Bayi juga bisa menangis ketika dirinya dipaksa menyusu padahal sedang tidak lapar. Menangis merupakan cara bayi untuk berkomunikasi. Kalau si kecil cenderung menolak dan tak ingin menyusu, beri jeda beberapa saat lebih dulu sebelum kembali memberinya ASI.

4. Growth Spurt

Mengutip buku Parenting tanpa Galau, ketika bayi mengalami growth spurt, tubuhnya akan bertambah berat dan panjang serta lingkar kepalanya bertambah besar, lebih cepat dari biasanya. Pada fase ini, ada semacam lonjakan pertumbuhan yang terjadi. Saat bayi mengalami growth spurt, dia akan cenderung gampang lapar yang disertai dengan gampang rewel karena sedang berusaha beradaptasi dengan perubahan yang sedang dialaminya.

5. Stres

Bayi juga bisa mengalami stres dan membuatnya gampang rewel saat disusui. Stres yang dialami bayi bisa disebabkan oleh sejumlah hal, seperti sedang tumbuh gigi, sakit, hingga mengalami kegelisahan seperti takut berpisah atau berjauhan dengan orangtua. Saat bayi stres, ia akan gampang rewel saat disusui.

Ada banyak penyebab bayi rewel atau gampang menangis saat disusui. Lima hal di atas merupakan sebagian dari banyak faktor lain. Semoga bisa menjadi tambahan informasi yang bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading