Sukses

Parenting

5 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui agar ASI Lancar

Fimela.com, Jakarta Dalam masa menyusui, memastikan makanan yang dikonsumsi sehat dan bergizi sangatlah penting. Agar ASI lancar, menjaga pola makan yang sehat menjadi salah satu kunci penting yang perlu diperhatikan oleh ibu menyusui. Mengonsumsi buah-buahan pun bisa mendukung upaya mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi ibu menyusui.

Mengutip laman kidspot.com.au, ada beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi ibu menyusui. Berikut ini lima jenis buah yang bisa jadi pilihan ibu menyusui untuk dikonsumsi agar ASI bisa lancar. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan asam lemak omega-9 yang baik untuk membantu produksi ASI lancar. Selain itu kandungan asam folat dan vitamin C, E, serta kalium menjadikan buah ini baik dikonsumsi ibu menyusui untuk menjaga gula darah dan kadar kolesterol stabil.

2. Buah Pisang

Sering merasa lapar selama menyusui? Mengonsumsi buah pisang bisa membantu menjaga perut awet kenyang dan memberi energi yang cukup bagi ibu menyusui. Kandungan kaliumnya juga bisa menjaga kadar elektrolit dan cairan tubuh ibu stabil yang bisa membantu kelancaran poduksi ASI.

3. Buah Blueberry

Buah yang satu ini terkenal dengan kandungan antioksidannya yang luar biasa. Kandungannya yang kaya mineral, vitamin A dan K, kalsium, dan kalium menjadikan buah ini cocok dikonsumsi ibu menyusui. Hanya saja mengonsumsinya jangan sampai berlebihan agar bayi tidak mengalami kembung saat menyusu.

4. Buah Mangga

Buah mangga kaya akan antioksidan dan vitamin K. Kandungan serat dan kaliumnya juga bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi ibu menyusui. Buah mangga yang matang dan manis bisa dikonsumsi rutin untuk memperlancar produksi ASI.

5. Buah Melon

Ibu menyusui disarankan mengonsumsi 100 gram vitamin C per harinya. Salah satu sumber vitamin C bisa didapatkan dari buah, seperti buah melon. Buah melon yang kandungan airnya tinggi bisa mencegah dehidrasi pada ibu menyusui.

Itu tadi lima buah yang bisa jadi pilihan ibu menyusui untuk mengusahakan produksi ASI lancar. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading