Sukses

Parenting

7 Tanda Bayi Lapar yang Penting Mom Kenali dan Pahami

Fimela.com, Jakarta Sama seperti orang dewasa, bayi pun akan merasa lapar. Biasanya, bayi yang sedang lapar akan menunjukkan tanda dengan menangis. Namun Mom, menangis bukan satu-satunya tanda dari bayi yang lapar. Ada sekian tanda lainnya yang menunjukkan bahwa bayi sedang lapar , menginginkan ASI atau makanan. 

Mengutip dari laman oviahealth.com, berikut beberapa tanda bayi lapar yang penting Mom kenali dan pahami.

Menggerakkan Bibir, Mulut dan Lidah

Tanda awal bayi lapar adalah menggerakkan bibir, mulut dan lidah. Saat bayi memainkan mulutnya, besar kemungkinan ia sedang lapar. Untuk bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan, tanda ini menunjukkan bahwa ia ingin menyusu. 

Bayi Tampak Gelisah

Tanda selanjutnya adalah, bayi tampak gelisah. Umumnya, bayi yang lapar akan tampak gelisah, tidak nyaman dan banyak bergerak. Tidak jarang, ia yang sedang tertidur akan bangun dan mulai merengek karena lapar. 

Antusias Saat Melihat Makanan

Ketika bayi tampak antusias saat melihat makanan atau orang makan, ini juga menandakan bahwa ia sedang lapar. Ini menunjukkan bahwa bayi ingin makan makanan yang ia lihat. Bayi juga berusaha meraih makanan di depannya menggunakan tangannya.

Memasukkan Tangan atau Benda Lain ke Mulut

Beberapa studi menemukan jika bayi yang lapar ditandai dengan kebiasaannya memasukkan tangan, jari atau benda lain ke dalam mulut. Pada bayi yang sudah mendapat MPASI, memasukkan tangan bisa jadi sebagai kebiasaannya untuk berlatih makan. Namun, ini bisa jadi sebagai tanda bahwa ia sedang lapar berat.

Rewel dan Merengek

Bayi yang sudah terlalu lapar, akan sangat rentan rewel dan merengek. Ia juga lebih rentan menangis. Jangan tunggu lama saat buah hati rewel karena lapar. Usahakan untuk segera memberinya makanan atau ASI serta susu. 

Menggerakkan Kepala dan Tubuh

Bayi yang lapar juga ditandai dengan perilakunya yang menggerakkan kepala ke kanan maupun ke kiri. Ia juga akan lebih aktif dalam menggerakkan anggota tubuhnya yang lain.

Menghisap Tangan atau Jari

Selain memasukkan tangan atau jari ke mulut, bayi yang lapar juga ditandai dengan gerakan menghisap tangan atau jari tangannya. Ia juga berusaha menghisap benda yang dipegangnya. 

Itulah sekian tanda dari bayi yang merasa lapar. Mom penting mengenali dan memahami tanda ini dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga Mom lebih bijak dalam merawat, menjaga serta mengasuh buah hati di rumah. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading