Sukses

Parenting

5 Cara Nyaman Menyusui pada Malam Hari dan Produksi ASI Lancar

Fimela.com, Jakarta Masa menyusui bisa menjadi masa yang paling indah. Tapi bisa menjadi masa yang penuh perjuangan juga. Memastikan produksi ASI lancar dan si kecil bisa mendapat asupan ASI yang cukup memiliki tantangannya sendiri.

Salah satu cara untuk mengupayakan produksi ASI lancar adalah menyusui pada malam hari. Mengutip buku Parenting tanpa Galau, kadar prolaktin lebih tinggi di malam hari. Prolaktin adalah hormon yang menjaga suplai ASI. Makin banyak prolaktin, makin banyak juga ASI yang diproduksi oleh tubuh. Berikut ini ada lima tips dan cara yang bisa dicoba agar menyusui pada malam hari bisa lebih lancar.

1. Cari Posisi Paling Nyaman

Mengutip laman Today's Parent, sebisa mungkin susui bayi dengan posisi berbaring. Berbaring miring, dengan bantal untuk menyangga kepala, dan guling di antara lutut, kita bisa memposisikan bayi berbaring di sisi kita untuk menyusu. Saat posisi sudah nyaman, maka proses menyusui juga akan lebih mudah.

 

 

2. Tetap Dekat dengan si Kecil

Upayakan bayi berada di posisi paling dekat dengan kita. Bisa dalam satu kamar yang sama. Untuk kemudahan proses menyusui, kita bisa berbagi ranjang dengan bayi pada malam hari. Berada di posisi paling dekat dengan bayi bisa memudahkan proses menyusui pada malam hari.

 

 

3. Kondisikan Kamar Tetap Nyaman

Saat bayi terbangun untuk menyusu pada malam hari, upayakan kamar tetap dalam kondisi tenang. Nyalakan lampu meja atau lampu yang tidur. Tak perlu membuat kamar dalam keadaan terlalu terang supaya bayi bisa kembali tidur setelah menyusu.

 

 

4. Siapkan Handuk dalam Jangkauan Terdekat

Siapkan handuk kering dan bersih dalam jangkauan terdekat. Letakkan di dekat ranjang atau di posisi terdekat saat menyusui. Tujuannya untuk memudahkan kita dalam mengatasi dan mengantisipasi ASI yang bocor atau saat si kecil agak belepotan ketika menyusu.

 

 

5. Jadwalkan Waktu Tidur Siang

Walau ini mungkin sulit untuk dilakukan, cobalah untuk meluangkan waktu tidur siang yang cukup. Tujuannya agar bisa menyusui pada malam hari dengan lebih nyaman. Atau setidaknya coba ikut tidur saat si kecil tidur.

Itu tadi lima cara dan tips yang bisa dicoba untuk menyusui si kecil dengan lebih nyaman pada malam hari. Semoga bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading