Sukses

Parenting

Mengenal Bronkitis Pada Anak, Penyebab dan Gejalanya

Fimela.com, Jakarta Saat mendapati buah hati tak enak badan, setiap orangtua pasti akan merasa cemas. Setiap orangtua juga akan merasa panik dan melakukan berbagai cara agar anak segera sembuh. Usia anak-anak adalah usia yang rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang bisa menyerang anak kapan saja adalah bronkitis. Apa itu bronkitis? 

Mengutip dari laman healthline.com, bronkitis merupakan kondisi batuk berkepanjangan yang tak kunjung sembuh. Bronkitis adalah salah satu masalah kesehatan yang bisa menyebabkan peradangan pada saluran pernafasan. Bronkitis akan menyebabkan saluran penghubung tenggorokan dan paru-paru merasa nyeri pun tidak nyaman.

Apa yang Menyebabkan Bronkitis?

Studi menemukan jika kebanyakan kasus bronkitis terutama pada anak-anak, terjadi karena infeksi virus atau bakteri. Virus seperti flu atau salesma menjadi virus yang kerap memicu bronkitis. Masalah kesehatan ini, besar kemungkinan juga terjadi karena paparan asap rokok dan paparan asap polusi udara lain. 

Bronkitis pada anak bisa menyebabkan anak batuk berdahak, produksi lendir di tenggorokan meningkat, demam, mengi hingga sesak nafas. Dalam kasus bronkitis yang sudah parah, ini bisa menyebabkan saturasi oksigen anak turun.  

Gejala Bronkitis yang Mudah Dikenali

Peradangan di saluran nafas akibat bronkitis bisa menyebabkan udara atau oksigen sulit masuk ke dalam paru-paru. Hal ini terjadi karena meningkatnya produksi lendir akibar infeksi virus. Ketika seseorang terutama anak-anak mengalami bronkitis, ada beberapa gejala yang sangat rentan terjadi padanya. Gejala ini cukup mudah dikenali dalam kehidupan sehari-hari. Dan berikut beberapa gejala tersebut. 

  • Batuk berdahak dengan diikuti adanya lendir berwarna keputihan, kekuningan atau kehijauan. 
  • Terdengar suara mengi saat bernafas.
  • Anak mengalami kesulitan bernafas atau sesak nafas. Ini karena produksi lendir yang meningkat drastis. 
  • Dada terasa nyeri dan tidak nyaman.
  • Sakit kepala atau pusing. 
  • Badan terasa pegal-pegal atau sakit semua. 
  • Sakit kepala yang diikuti demam. Bahkan demam bisa mencapai suhu tertinggi. 
  • Badan terasa panas namun dingin serta menggigil. 
  • Batuk pilek berkepanjangan yang tak kunjung sembuh. Batuk ini bahkan bisa terjadi kurang lebih selama dua minggu. 

Itulah sekilas mengenai bronkitis pada anak, penyebab dan gejala yang mudah diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita, sebagai orangtua selalu peka terhadap apapun kondisi buah hati.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading