Sukses

Parenting

5 Tips Mudah Mengatasi Anak Susah Makan Nasi, Orangtua Wajib Tahu

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Mom mendapati buah hati susah makan nasi? Menghadapi masalah anak susah makan nasi tidak jarang bikin orangtua emosi. Terlebih lagi, jika Mom sudah melakukan berbagai cara agar anak mau makan nasi.

Perlu kita tahu, nasi merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik untuk anak. Nasi merupakan makanan pokok kaya karbohidrat, yang bisa menunjang tumbuh kembang anak dengan lebih optimal. Hanya saja, rasa bosan terhadap nasi atau hal lain, bisa membuat anak tak mau lagi makan nasi. 

Lantas, bagaimana caranya agar anak kembali makan nasi? Atau kalau memang ia tak mau makan nasi, setidaknya ia mendapat asupan karbohidrat yang seimbang setiap harinya? Berikut beberapa tips mudah yang bisa Mom lakukan untuk mengatasi anak susah makan nasi. Simak baik-baik ya.

Sajikan Porsi Makan yang Sesuai

Tips pertama adalah sajikan porsi makan yang sesuai. Porsi yang terlalu berlebih, bisa bikin anak malas makan. Porsi yang sedikit, ini bisa membuat anak tidak memiliki nutrisi cukup. Sebaiknya, sajikan porsi yang sesuai atau tepat untuk anak. Sajikan pula nasi bersama lauk yang disukai anak-anak.

Kurangi Camilan

Kurangi memberikan camilan ke anak. Camilan yang diberikan di jam makan atau di luar jam makan, sebaiknya benar-benar dibatasi. Terlalu banyak konsumsi camilan akan membuat anak kenyang. Saat anak kenyang, tentu hal ini membuatnya tak mau makan nasi.

Buat Suasana Menyenangkan Saat Anak Makan

Saat anak makan, buat suasana makan yang semenyenangkan dan senyaman mungkin. Suasana makan yang menyenangkan akan membuat anak lebih menikmati makanannya. Ini juga akan membuatnya menikmati nasi yang disajikan untuknya.

Pahami Gaya Makan Anak

Harus harus memahami gaya makan anak sebaik mungkin. Bisa jadi anak tidak mau makan nasi karena menurutnya, nasinya terlalu keras atau kurang enak. Mom, bisa memasak nasi dengan tekstur yang disukai anak. Pilih juga beras yang enak agar anak makin suka pada nasi. Cari tahu juga anak lebih suka nasi hangat atau nasi dingin. Saat Mom kurang memahami gaya makan anak, ini justru akan membuatnya semakin susahb makan.

Ganti Nasi dengan Sumber Karbohidrat Lain

Jika anak sama sekali tak mau makan nasi, jangan ragu untuk menggantinya dengan sumber karbohidrat lainnya. Kentang, ubi jalar, wortel, jagung, kacang-kacangan atau kabu-labuan bisa diberikan ke anak sebagai pengganti nasi. Mom sebaiknya juga memberikan sumber nutrisi lain secara lengkap seperti vitamin, protein, lemak, zinc dan masih banyak lagi. 

Itulah sekian tips mudah untuk mengatasi anak susah makan nasi. Yuk Mom, lebih telaten dan sabar dalam menutrisi buah hati di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading