Sukses

Parenting

3 Hal yang Memengaruhi Kecerdasan Anak Selain Genetik

Fimela.com, Jakarta Orangtua mana yang tak ingin memiliki buah hati cerdas? Bisa dipastikan bahwa setiap orangtua menginginkan buah hati cerdas di hidupnya. Buah hati yang cerdas tak hanya membanggakan tetapi juga mengesankan. Ini juga membuat orangtua merasa tenang. Karena, besar harapan orangtua agar anak mendapat masa depan lebih baik dengan kecerdasannya.

Mengutip dari laman parents.com, genetik memiliki peran yang cukup penting terhadap kecerdasan anak. Studi menemukan jika orangtua yang cerdas, besar kemungkinan memiliki buah hati yang cerdas. Ada sekitar 30 - 75 persen pengaruh kecerdasan orangtua terhadap kecerdasan anak. 

Namun Mom, perlu kita tahu bahwa kecerdasan anak tak hanya dipengaruhi oleh genetik saja. Ada beragam hal lain yang bisa memengaruhi kecerdasan anak. Apa saja hal tersebut? Simak yang berikut ini.

Nutrisi

Nutrisi yang masuk ke tubuh anak sangat berpengaruh besar terhadap kecerdasannya. Asupan nutrisi yang cukup dan seimbang, penting untuk pertumbuhan pun perkembangan anak. Ini juga penting untuk otaknya. Alfa laktalbumin, AA dan DHA, kolin, fosfolipid, omega 3 dan 6, protein serta zat besi adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan buah hati agar tumbuh kembangnya lebih optimal.

Kesehatan

Kesehatan juga berpengaruh besar terhadap kecerdasan anak. Anak yang sehat secara fisik pun psikis, bisa memiliki kecerdasan yang lebih maksimal. Kesehatan bisa didapat dari nutrisi yang cukup lingkungan yang bersih dan sehat juga pengobatan yang cepat dan tepat saat anak sakit. Kesehatan juga bisa didapat dengan pemeriksaan rutin setiap bulan di posyandu, pemberian imuninasi dan pola asuh menyenangkan.

Stimulasi

Tanpa stimulasi yang baik, kecerdasan anak akan sulit berkembang. Penting bagi orangtua dan guru, memberi anak stimulasi yang cukup. Stimulasi bisa membantu perkembangan otak anak lebih cepat dan kompleks. Stimulasi bisa diberikan dari hal terkecil misal mengajak anak bermain sambil mengenal gambar, mengajak anak lomba lari, menggambar atau melakukan segala hal yang bisa menambah pengetahuannya. 

Itulah sedikitnya tiga hal yang bisa berpengaruh ke kecerdasan anak selain genetik. Selain hal di atas, aktivitas anak sehari-hari, interaksi sosial dengan sekitar, penunjang belajar (buku dan sejenisnya), kebahagiaan anak, juga berperan penting dalam menunjang kecerdasan anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading